DPMD Lakukan Penilaian Lima Desa Paling Aktif Gotong Royong

Tana Paser – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Paser telah memilih lima desa untuk dilakukan penilaian sebagai desa yang aktif bergotong royong dalam membangun desanya masing-masing.

“Penilaian ini dalam rangka bulan bhakti gotong royong masyarakat atau BBGRM,” kata Kepala DPMD Paser, Chandra Irwanadi, Rabu (30/11).

Kelima desa tersebut antara lain Desa Mendik Kecamatan Long Kali, Desa Atang Pait Kecamatan Long Ikis, Desa Kertabumi Kecamatan Kuaro, Desa Kerang Dayo Kecamatan Batu Engau, dan Desa Songka Kecamatan Batu Sopang.

Beberapa aspek penilaian dalam kegiatan BBGRM tahun ini diantaranya di bidang kemasyarakatan terkait keberadaan pos keamanan lingkungan serta pertahanan sipil (hansip), bagaimana penanganan konflik sosial, apakah ada penyuluhan tentang ideologi negara, pendidikan politik, dan hukum.

Semangat gotong royong dalam membangun desa, juga dilihat dari kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Selain itu yang dinilai gotong royong masyarakat misalnya dalam kegiatan sosial seperti membersihkan rumah warga yang membutuhkan, gorong-gorong, dan membersihkan sampah lingkungan.

“Semangat gotong royong masyarakat juga dinilai dalam pengelolaan Bumdes dan bagaimana pengetahuan mereka tentang bumdesa agar dikelola dengan baik. Pengembangan usaha mikro desa juga dinilai,” terang Chandra.

Di bidang sosial, budaya, dan agama, kegiatan seperti penyuluhan kesehatan dalam rangka peningkatan gizi masyarakat juga menjadi aspek yang dinilai. Keberadaan fasilitas olahraga dan rumah ibadah beserta pemeliharaannya juga ikut dinilai.

Di bidang lingkungan, pembangunan jembatan, drinase, pengelolaan sampah dan jamban, juga merupakan indikator penting dalam penilaian BBGRM.

“Harapan kami dengan penilaian BBGRM dapat memotivasi partisipasi masyarakat dakan bergotong royong membangun desa yang mandiri dan sejahtera,” tutur Chandra.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *