Pemda Paser Kucurkan Rp716 Juta untuk Bantuan Keuangan Partai Politik

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten Paser tahun ini menyalurkan bantuan anggaran sebesar Rp716 Juta lebih kepada 11 partai politik yang memiliki perwakilan di DPRD.

“Total bantuan untuk sebelas Parpol tahun ini Rp716 juta lebih,” kata Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Achmad Hartono, Rabu (5/10).

Kesebelas Parpol yang mendapat bantuan keuangan dari Pemda Paser antara lain PKB, Golkar, Demokrat, PDIP, Gerindra, PKS, PPP, PAN, Nasdem, Bekarya, dan PBB.

Dikemukakan Hartono bantuan yang diterima setiap parpol dihitung berdasarkan perolehan suara pada Pemilu 2019.

Diketahui pada Pemilu 2019 lalu total perolehan suara 11 Partai politik yang memiliki perwakilan di DPRD Paser sebanyak 134.026 suara.

“Satu suara dihitung Rp5.349,” ucap Hartono.

Hartono menambahkan, salah satu persyaratan pencairan bantuan parpol yaitu menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran secara berkala satu tahun sekali kepada Bupati Paser.

“Mereka sampaikan laporan pertanggungjawaban bantuan tahun lalu sekaligus menyampaikan permohonan bantuan untuk tahun ini,” ujar Hartono.

Dari 11 Parpol yang menerima bantuan, tersisa 1 Parpol (Partai Bekarya) yang belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban sehingga pencairan bantuan keuangannya belum bisa dilakukan.

“Paling lambat Desember ini sudah harus disampaikan,” kata Hartono.

Lanjut Hartono menerangkan, bantuan ini diberikan dalam rangka menunjang kegiatan parpol terutama dalam hal pendidikan politik.

“Enam puluh persen bantuan keuangan tersebut diperuntukan untuk pendidikan politik, sedangkan empat puluh persen lainnya diperbolehkan untuk kepentingan operasional parpol,”katanya.

Dari 11 Parpol di Paser, partai yang paling banyak menerima bantuan keuangan adalah PKB yang meraih 27.403 suara, dengan bantuan yang diterima Rp146 juta lebih.

Sementara kedua terbanyak penerima bantuan adalah Partai Golkar yang meraih 22.970 suara dengan bantuan yang diterima Rp122 juta lebih.

Partai Bulan Bintang (PBB) adalah partai yang memperoleh suara paling sedikit pada Pemilu 2019, yaitu 2.878 suara, dengan bantuan keuangan yang diterima sebesar Rp15 Juta

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *