DPMD Paser Akan Bentuk Desa Literasi

Tana Paser – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Paser akan membentuk desa literasi untuk meningkatkan minat bacara masyarakat desa.

“Perlu membangun desa literasi agar masyarakat desa dapat berinovasi dalam menunjang kegiatan desa literasi, demi membangun sumber daya manusia yang berkualitas,” kata Sekretaris DPMD Paser, Kasrani Latief, Senin (22/1).

Dalam pembentukannya, lanjut Kasrani, DPMD Paser akan melibatkan stakeholder terkait mulai dari perusahaan, pemerhati literasi, dan masyarakat.

“Semua pihak harus terlibat dan melaksanakan aksi bersama sehingga tumbuh kebiasaan dan akhirnya menjadi budaya literasi di masyarakat,” ujarnya.

Kasrani menilai literasi sangat penting untuk mengembangkan wawasan serta pola pikir masyarakat desa yang maju.

Salah satu  fungsi literasi, kata dia, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan desa, karena dengan minat baca yang tinggi pola pikir masyarakat akan mengarah kepada kamajuan. Oleh karenanya ia mengajak masyarakat untuk meningkatkan budaya literasi sejak dini.

Ia berharap melalui literasi masyarakat tidak hanyap memiliki kemampuan membaca dan menulis, tetapi mampu mengembangkan segenap potensi yang ada di desanya.

“Diperlukan berbagai program yang harus dijalankan untuk menarik perhatian masyarakat agar tertarik atau berminat untuk mengembangkan kemampuannya,” imbuh Kasrani.

Literasi menegaskan pentingnya literasi di mulai dari tingkat desa. Menurutnya tanpa adanya gerakan literasi di lingkungan masyarakat maka tingkat baca tulis akan mengalami kemunduran.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *