Digitalisasi Arsip, Pemkab Paser Bimtek 60 Arsiparis

Tana Paser – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser menggelar bimbingan teknis kepada 60 pengelola arsip perangkat daerah dalam rangka digitalisasi Arsip guna mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Bimtek dibuka Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Murhariyanto mewakili Bupati Paser, di hotel Bumi Paser, Rabu (5/10). Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah kepala perangkat daerah.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser Yusuf Sunako mengatakan bimtek dilakukan guna meningkatkan tata kelola arsip pada pemerintah daerah.

“Di era globalisasi arsip harus bertransformasi dari arsip konvensional menjadi arsip elektronik,” katanya.

Menurut Sumako, arsip berbasis digital dapat merekam dengan baik semua peristiwa sehingga nantinya akan menjadi akuntabilitas dan memori kolektif bangsa dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Tujuan digitalisasi arsip yakni untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel.

“Untuk memperoleh pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” imbuhnya.

Dikemukakan Sumako, pada bulan Maret lalu, seluruh kepala perangkat daerah telah menandatangani pakta integritas kearsipan.

Pakta integritas tersebut meliputi tertib kebijakan, tertib organisasi, tertib sarana prasarana, tertib pendanaan, tertib pengelolaan arsip, dan yang terakhir diterapkan pengelolaan arsip berbasis elektronik dalam mendukung SPBE.

“Kami harap dengan poin-poin tersebut tahun ini kita bisa kembali mempertahankan Panji tata kelola arsipan di mana sebelumnya kita mendapatkan peringkat pertama Panji Panji keberhasilan untuk tata kelola kearsipan di Kalimantan Timur,” terang Sumako.

Untuk mewujudkan itu semua diperlukan sinergitas seluruh perangkat daerah dan bukan hanya tugas Dinas Kearsipan.

Kegiatan bimtek ini berlangsung selama tiga hari dengan menghadirkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (Anri).

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *