Selama Libur Lebaran Petugas Damkar Paser Tetap Bekerja

Tana Paser – Selama libur lebaran hampir sepekan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser tetap bertugas. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran selama libur panjang.

“Kita tetap bertugas. Ada 10 orang yang piket berjaga,” kata Kepala Dinas Damkar Kabupaten Paser, M. Lukman Dharma di Tanah Grogot, Rabu (3/4/2024).

Lukman mengatakan pelayanan di Damkar tidak mengenal hari libur karena potensi kebakaran bisa terjadi kapan pun. Oleh karena itu pihaknya telah menyiagakan personel setiap harinya.

Selain itu, lanjutnya, Dinas Damkar juga aktif menyosialisasikan kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi munculnya api yang biasanya terjadi pada peralatan elektronik dan kompor.

“Kami imbau masyarakat kalau meninggalkan rumah listrik dan kompor sudah mati semua,” ucap Lukman.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebelum bepergian, masyarakat hendaknya melapor ke rt masing-masing. Agar dari pihak RT mengetahui bahwa rumahnya dalam keadaan kosong.

“Sebelum mudik, lapor ke RT dulu dan tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi,” ujar Lukman.

Dinas Damkar Kabupaten Paser telah melakukan kegiatan pencegahan kebakaran dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah, ke masyarakat, pihak perusahaan dan mengajak semua pihak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Lukman berharap dengan kesadaran masyarakat bisa mencegah terjadinya kebakaran sehingga kerugian materil dan kerugian fisik dapat dicegah sejak dini.

“Semoga masyarakat lebih peduli potensi terjadinya kebakaran untuk menjaga lingkungan ktia semua,” ujarnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *