Sanggar Seni Rebuntung Juara 1 Perkusi Internasional Festival Sopravista Italia

TANA PASER, MCKabPaser – Sanggar Seni Rebuntung (S2R) asal Kabupaten Paser Kalimantan Timur, meraih juara satu Internasional Festival sopravista yang digelar di Italia secara virtual, kategori folklor instrumen percussion.

“Alhamdulillah kami memenangkan juara satu kategori fulklor instrumental percussion dengan mengirimkan secara virtual,” kata pembimbing S2R Badarudin, Rabu (23/12/2020).

Di Festival yang diikuti ratusan peserta dari puluhan negara di berbagai belahan dunia itu, S2R membawakan musik tradisi khas Kabupaten Paser.

“Ada 400 kelompok seni dari 29 negara yang tampil. Kami bawa musik tradisi Khas Paser juga,” ujar Badar.

Di festival tersebut para seniman Paser ini memainkan Tengkanong dan Tambur, alat musik tradisional Paser yang sering dimainkan pada upacara adat Belian.

Melalui instrumen musik ‘Letters To The World’, yang berarti surat untuk dunia, mereka mencoba menyampaikan pesan lingkungan.

“Kalimantan memanggil dunia atas keadaan alam saat ini, kegelisahan para pemuda-pemudi Kalimantan dengan kondisi alam yang semakin hari semakin rusak, kami mencoba mengajak dunia untuk memperhatikan alam,” kata Badar.

Saat ini SR2 tengah memikirkan dana untuk pergi ke Italia, menampilkan secara langsung penampilan mereka.

“Kami menunggu undangan dan masih memikirkan cara kami ke Italia,” ujar Badar

Sementara itu Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Paser Murharianto mengapresiasi keberhasilan salah satu sanggar seni yang ada di Paser ini.

“Saya mengapresiasi atas keberhasilan mereka saya harap mereka selalu meningkat kan kompetensinya, ” katanya.

Pewarta : Rizky, Editor : Hutja

Total Views: 1464 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *