Bupati Paser Akan Perbaiki Rumah Warga Korban Puting Beliung

TANA PASER, MCKabPaser –  Bupati Paser dr.Fahmi Fadli, meninjau ke rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung di Desa Padang Pangrapat, Rabu (07/04/2021). Kunjungan Bupati Paser didampingi Plt Asisten Kesra Setda PaserHulaimi, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Paser Haerul Saleh, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan Paser M Fauzi dan Plt Kepala Pelaksana BPBD Masriah.

Dari kunjungannya itu, Bupati Paser dr.Fahmi Fadli meminta BPBD dan Dinas Sosial untuk mendata warga yang menjadi korban angin puting beliung.

Bupati Fahmi mengatakan Pemkab Paser akan melakukan perbaikan terhadap rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung tersebut

“Bantuan berupa rehap rumah, bantuan disesuaikan dengan musibah yang dialami,” kata Fahmi.

Dalam kunjungannya, Bupati Paser Fahmi memberikan bantuan berupa sembako dan seng untuk penanganan sementara kerusakan rumah warga.

Adapun sembako yang diberikan berupa beras 25 kg sebanyak 21 paket,  minyak goreng 3 liter sebanyak 21 paket, mie instan 21 paket, gula pasir 4 kg sebanyak 21 paket dan teh celup 21 paket.

“Bantuan sembako telah kami berikan kepada 48 korban secara simbolis yang terkena musibah,” ujar Bupati Fahmi Fadli.

“Semoga yang tertimpa musibah diberikan kesabaran dan kemudahan dari Allah,” imbuh dia.

Sementara itu Plt Kepala Pelaksana BPBD Paser Masriah mengatakan pihaknya sebelumnya telah menerima laporan adanya puluhan warga yang terdampak angin puting beliung.

“Kami langsung terjun ke lapangan, untuk meninjau ke beberapa titik untuk memberikan laporan ke Bupati,” kata Masriah.

Masriah menjelaskan bencana angin puting beliung terjadi pada Senin sore (05/04/2021), sekitar pukul 18.00. “Ketika kemarin dihubungin, kami langsung meninjau lapangan,” kata Masriah.

Masriah memastikan tidak ada korban jiwa diakibatkan angin puting beliung. “Hanya ada yang luka ringan,” ucapnya.

Ia menambahkan, sebanyak 48 rumah di 4 blok di desa Padang Pangrapat mengalami kerusakan. Beberapa rumah mengalami rusak berat seperti rumah rata dengan tanah, dan mengalami rusak ringan seperti atap rumah terhempas angin.

Kepala Desa Padang Pangrapat Prasojo mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemkab) Paser atas batuan yang diberikan. Ia mengapresiasi bantuan cepat yang diberikan Pemerintah Daerah.

“Dua hari lalu kami mendapat bencana, alhamdulillah Pemkab cepat menanggapinya,” ujar Prasojo.

Sementara itu salah satu korban puting beliung, Musyawarah(27), yang rumahnya mengalami kerusakan berat mengatakan, saat hari terjadinya angin beliung, saat itu ia baru pulang dari kerja.

“Banyak pohon tumbang menimpa rumah-rumah. Kalau rumah saya sudah tidak ada,” ujarnya.

Ia menjelaskan rumahnya itu sempat terbawa angin sehingga jarak antara tiang rumah dan atap berjauhan. “Ketika sampai, rumah saya roboh dan rata dengan tanah,” terang Musyawarah.

Ia berharap semoga Pemkab Paser segera membantu memperbaiki rumah yang terkena musibah. “Alhamdulillah Pemkab Paser telah peduli dengan kami, sedikit-banyaknya ini sangat membantu kami,” ucapnya.

FOTO : Adhitia

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Total Views: 924 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *