Vaksinasi 6-11 Tahun di Paser Sasar 31.773 Pelajar, Berikut Rinciannya

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli memulai kegiatan vaksinasi pelajar untuk kelompok usia 6 – 11 tahun di SDN 001 Tanah Grogot, Selasa (18/01/2022).

Hadir pada kegiatan ini Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, Kepala Staf Kodim 0904 Paser Infr. Edy Purwanto, Kajari Paser Mochamad Judhy Ismono, Kepala Dinkes dr. I Dewa Made Sudharsana, dan Kepala Disdikbud Paser Muhamad Yunus.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengimbau kepada semua pihak untuk memberikan edukasi akan pentingnya program vaksinasi ini.

“Dengan anak-anak mengikuti vaksinasi, akan membentuk kekebalan tubuh sehingga pembelajaran tatap muka bisa berjalan dengan baik,” kata Bupati Fahmi.

Dalam rangka membentuk kekebalan tubuh secara komunal, kata Bupati Fahmi, Pemerintah Kabupaten Paser terus mengupayakan percepatan cakupan vaksinasi.

Dikemukakan dia, hingga 17 Januari 2022, cakupan vaksinasi di Kabupaten Paser sudah mencapai 76,07 persen dosis pertama dan 50,61 persen dosis kedua. Vaksinasi bagi lansia mencapai 58,84 persen dosis pertama dan 27 persen dosis kedua.

Bupati menilai untuk menyukseskan vaksinasi ini, diperlukan peran orangtua. Oleh karena itu ia meminta kepada para orangtua agar mengajak anaknya untuk mengikuti vaksinasi.

Tak lupa, Bupati Fahmi berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya program vaksinasi usia 6-11 tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Paser Muhammad Yunus mengatakan vaksinasi untuk kelompok usia ini menyasar 31.773 pelajar tetsebar di 222 Sekolah Dasar (SD).

“Kegiatan ini secara bertahap dilaksanakan di seluruh sekolah yang tersebar di 10 kecamatan,” kata Yunus.

Vaksinasi perdana ini dilaksanakan di 15 sekolah di beberapa kecamatan dengan sasaran 2.751 pelajar.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Wabup Masitah, dan Forkopimda berpose bersama siswa SDN 001 Tanah Grogot usai mengikuti vaksinasi, Selasa (18/01/2022), serta seorang Cosplayer berkostum Spiderman yang menghibur anak-anak.

“Terima kasih kepada Pak bupati, unsur Forkopimda, Dinkes, Kominfo, dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi perdana ini,” ucapnya. Ditargetkan vaksinasi usia 6-11 tahun selesai pada Maret 2022 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan dr. I Dewa Made Sudharsana mengatakan vaksinasi kepada anak usia 6-11 penting dilakukan mengingat anak-anak sulit menerapkan protokol kesehatan.

“Karena tidak semua anak-anak bisa melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan sebagainya,” kata Dewa.

Vaksinasi ini, menurut Dewa, akan mengurangi risiko penyebaran Covid-19 bukan hanya bagi anak-anak melainkan bagi orang-orang terdekatnya.

Dewa berharap vaksinasi ini berjalan dengan baik sehingga aktivitas pembelajaran tatap muka di Kabupaten Paser dapat berlangsung lancar dan masyarakat tetap sehat terhindar dari penyebaran Covid-19.

Rincian target vaksinasi usia 6-11 tahun di 10 kecamatan sebagai berikut:

  • Kecamatan Tanah Grogot : 8.196
  • Kecamatan Pasir Belengkong : 3.013
  • Kecamatan Kuaro : 3.493
  • Kecamatan Long Ikis : 4.523
  • Kecamatan Long Kali : 3.171
  • Kecamatan Muara Samu : 948
  • Kecamatan Muara Komam : 1.459
  • Kecamatan Tanjung Harapan : 1.243
  • Kecamatan Batu Engau : 2.232
  • Kecamatan Batu Sopang : 3495

Tim Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *