Keberhasilan Pariwisata di Paser Perlu Keterlibatan Masyarakat

TANA PASER, MCKabPaser – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser Yusuf Sumako menilai peran serta masyarakat dapat memengaruhi keberhasilan sebuah objek wisata.

“Penilaian tempat wisata dilihat selain ada dukungan pemerintah dan swasta juga perlu partisipasi masyarakat,” kata Sumako usai penilaian panji keberhasilan pembangunan pariwisata oleh Pemprov Kaltim, di ruang rapat Telake Setda Paser, Rabu (11/11/2020).

Sumako menambahkan dipilihnya gunung boga menjadi konsentrasi perhatian pemerintah untuk dikembangkan karena tingginya antusias masyarakat terhadap objek wisata tersebut.

Selain itu, lanjut dia, gunung boga tetap dibuka selama pandemi karena masuk dalam kompetisii atau penilaian dari pemerintah pusat

“Semoga tahun 2020, Bupati Kabupaten Paser dapat menerima panji-panji pariwisata”, kata Yusuf Sumako

Sumako menyampaikan lebih kurang 150 objek wisata yang tersebar di 10 kecamatan di Paser memiliki potensi untuk dikembangkan.

“Ada wisata dari alam dan ada juga yang buatan, ini yang jadi alternatif untuk masyarakat Kabupaten Paser liburan,” kata Yusuf Sumako

Menurutnya ada beberapa kendala dalam mengembangkan ratusan objek wisata itu.

Diantaranya status lahan, keterbatasan anggaran, dan tidak adanya sinergitas antar instansi dengan masyarakat.

“Dua tahun terakhir ini kami berusaha mengatasi kendala-kendala itu”, kata Sumako.

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Total Views: 677 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *