230 Peserta Ikuti Lomba Balogo Desa Tepian Batang

Tana Paser, MCKabPaser – Usaha melestarikan kearifan lokal yakni olahraga tradisional logo atau sering disebut balogo masih menjadi primadona bagi masyarakat Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, salah satunya dengan digelarnya Kades Cup logo yang bertempat di gang seratai pada Jumat (23/6/2023).

Pada perlombakan tersebut antusiasme masyarakat terlihat dari keikutsertaan masyarakat dan penonton yang hingga malam final memenuhi lokasi tersebut.

Tidak hanya para laki-laki yang notabenenya yang sering memainkan permainan ini, bahkan para perempuan turut ambil bagian, karena banyaknya hadiah perlombaan yang telah disediakan panitia untuk para pemenang.

Terdapat 230 peserta yang terdiri dari dua kategori, yakni kategori perempuan dan kategori laki-laki yang mengikuti hingga babak final.

“Ada 230 peserta yakni dari dua kategori yaitu perempuan dan laki laki yang diikuti dari beberapa RT yang ada di Desa Tepian Batang,” Kata Ketua Panitia Tatang Abdimas.

Selain itu perlombaan ini juga sebagai ajang untuk melestarikan budaya kearifan lokal yang sejak dulu telah dipermainkan masyarakat di Kabupaten Paser terkhusus di Desa Tepian Batang,

“Ini sebagai ajang silaturahmi bagi kita ditengah kesibukan masing-masing dengan adanya perlombaan ini bisa kita berkumpul, dan sekaligus melestarikan budaya kearifan lokal daerah,” Ujar Tatang.

Sementara itu Kepala Desa Tepian Batang Jaludin menyebutkan perlombaan kali ini adalah kali kedua yang telah diadakan Desa Tepian Batang dalam upaya melestarikan kearifan lokal yakin olahraga tradisional logo.

“Dari ini Pemerintah Desa Tepian Batang berharap agar kearifan lokal balogo ini tetap bertahan di era modernisasi gempuran banyaknya olahraga baru,” Ujar Jaludin.

Jaludin mengharapkan kepada masyarakat Paser untuk bersama – sama mendukung dalam melestarikan kearifan lokal ini agar tidak tergerus zaman.

“kami sangat mengharapkan dari lomba ini dapat mempertahankan olahraga tradisional ini agar tidak punah,”Kata Jaludin.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *