Anak-anak Rentan Terserang Diare Selama Libur Lebaran

Tana Paser – Selama sepekan terakhir, rung rawat inap anak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya Kabupaten Paser banyak dipenuhi pasien diare dari anak-anak.

“Saat ini ruang rawat inap anak penuh dengan pasien diare,” kata Humas RSUD Panglima Sebaya, dr. Achmad Hadiwijaya, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Hadiwijaya anak-anak rentan terserang diare karena kerap abai terhadap kebersihan dirinya.Hari raya lebaran yang penuh sukacita setelah hampir sebulan berpuasa, diekspresikan dengan banyak menyantap aneka makanan.

Hadiwijaya mengingatkan para orangtua untuk memerhatikan kebersihan anak-anak mereka dengan disiplin mencuci tangan terutama setelah selesai dari toilet atau buah hajat.”Para orangtua juga harus memerhatikan makanan yang dimakan disimpan dengan bersih,” ungkap Hadiwijaya.

Hadiwijaya menambahkan RSUD Panglima Sebaya juga menampung pasien paru-paru dan demam berdarah dengue (DBD).Diketahui selama libur lebaran, RSUD Panglima sebaya tidak membuka layanan poliklinik.

Poliklinik tutup selama libur lebaran sejak 8-15 dan buka kembali pada 16 April”Tapi IGD tetap buka melayani pasien gawat darurat,” ujar Hadiwijaya.Ruang rawat anak diisi pasien diare dan paru-paru, serta DBD membuat para orangtua harus waspada.

Saat ditanya berapa data pasien yang dirawat saat ini, ia mengatakan belum bisa memberikan data terbaru. “Karena petugas administrasi dan surveillance mah libur,” katanya.

Hadiwijaya mengimbau masyarakat tetap memerhatikan kesehatan dan pola makan guna mencegah penyakit tersebut. “Jaga kesehatan lingkungan dan kebersihan. Jika anak demam lebih dari tiga atau empat hari sebaiknya ke rumah sakit untuk diperiksa,” tutup Hadiwijaya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *