Sarana Proteksi Kebakaran di Plaza Kandilo Rusak, Pemda Paser akan Perbaiki

Tana Paser – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser bersama UPTD Pasar Penyembolum Senaken selaku pengelola Plaza Kandilo, telah melakukan uji fungsi sarana proteksi kebakaran.

Hasilnya diketahui, sebanyak 230 unit pendeteksi asap dan 32 hidran kebakaran di pusat perbelanjaan itu perlu dilakukan perbaikan secara menyeluruh.

“Dikarenakan jaringannya tak lagi berfungsi, diduga karena masalah di instalasi listriknya,” kata Kabid Pencegahan Kebakaran pada Dinas Damkar Kabupaten Paser, Teguh Haryanto, Sabtu (24/2).

Hidran yang ada di Plaza Kandilo, saat ini, sebagian besar tidak berfungsi.Teguh menyebut sebagian besar selangnya perlu diganti. “Karena selang yang ada sudah aus termakan usia,” katanya.

Dinas Damkar Paser juga menemukan malfungsi pada sarana proteksi kebakaran di lantai dua dan tiga Plaza Kandilo.Teguh mengatakan ada kebocoran pada pipa sehingga berdampak pada kurang maksimalnya tekanan air.

“Kalau tekanan airnya rendah, tidak bisa buat padamkan api,” ujarnya.

Perangkat pendeteksi asap sangat penting untuk mendeteksi asap saat terjadinya kebakaran.Asap yang dideteksi perangkat ini akan mengeluarkan sinyal ke panel kontrol alarm saat terjadinya kebakaran.

“Ini sistem standar alarm kebakaran yang banyak digunakan,” kata Teguh.

Teguh mengatakan setelah pengecekan ini, akan dilakukan perbaikan instalasi listrik pendeteksi asap serta perbaikan jaringan pipa hidran.

“Kami perlu perbaikan jaringan perpipaan dan pengadaan beberapa rol selang diameter 1,5 inchi. Akan dianggarkan di tahun ini dalam rangka memenuhi aspek fungsi sarana pengendalian bahaya kebakaran,” tutup Teguh.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *