Banjir di Rantau Atas Mulai Surut, Camat Apresiasi Kesigapan Warga

TANA PASER, MCKabPaser – Camat Muara Samu Kabupaten Paser, Amri Yuliardi, memastikan air bah yang menggenangi Desa Rantau Atas pada Minggu (28/11/2021) pagi saat ini sudah mulai surut.”Saat ini airnya sudah mulai surut. Sebagian warga sudah kembali ke rumahnya,” kata Amri.

Dikemukakan dia, kondisi air sungai Samu yang melewati Desa Andeh debit airnya bertambah hingga ketinggian 3-4 meter dari ketinggian normal.

Berdasarkan informasi diperoleh dari kepala desa Muara Andeh, Amri menghimbau kepada kepala desa beserta perangkat desa yang wilayahnya dilintasi sungai Samu untuk menginformasikan kepada warganya agar waspada dan menghindari melakukan aktivitas di wilayah daerah aliran sungai atau bantaran sungai Samu.

Banjir bah ini berdampak pada desa-desa lain seperti Desa Tanjung Pinang, Desa Rantau Atas, akses jalan di wilayah Desa Libur Dinding dan Desa Muser.Desa Libur Dinding yang berada di dataran tinggi tidak terlalu terkena dampaknya. Namun sempat mengganggu akses jalan di sana dan Desa Rantau Atas. Selain rumah, air juga menggenangi rumah ibadah dan sekolah.

Amri berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat seperti pegawai kecamatan, puskesmas, dan warga yang telah sigap memberikan bantuan guna meringankan beban masyarakat terdampak di Desa Rantau Atas.

“Kami juga telah menginformasikan kepada pak kades agar mendata warga terdampak banjir agar dilaporkan ke Pemkab Paser melalui BPBD dan Dinas Sosial,” katanya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 31 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *