Damkar Paser : Waspadai 5 Hal Cegah Kebakaran di bulan Ramadan

Tana Paser, MCKabPaser – Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran di bulan Ramadan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap sesuatu yang bisa menimbulkan kebakaran.

“Kami imbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya kebakaran yang terjadi yang disebabkan oleh kelalaian ataupun kesengajaan,” kata Kepala Dinas Damkar Kabupaten Paser, M. Lukman Dharma, Kamis (07/04/2022).

Untuk mencegah terjadinya kebakaran, kata Lukman, ada 5 hal yang perlu diperhatikan masyarakat. Pertama, jauhkan bahan-bahan atau gas yang mudah terbakar dari sumber panas api.

Kedua, memastikan peralatan listrik atau kompor dalam keadaan padam saat ditinggalkan keluar rumah.

Kemudian ketiga, dalam penggunaan listrik, diimbau masyarakat untuk tidak menggunakan tusuk kontak bertumpuk-tumpuk.

“Keempat, jangan biarkan ilalang kering tumbuh. Dan kelima, upayakan memiliki alat pemadam api ringan (APAR) sebagai penanganan dini jika terjadi kebakaran maupun alat pemadam tradisional misalnya karung goni,” jelas Lukman.

Dalam menghadapi kebakaran, Lukman meminta masyarakat untuk tidak panik. Apabila kebakaran kecil dan masih bisa diatasi, agar dilakukan pemadaman awal dengan alat pemadam api ringan atau menggunakan handuk kain keset dan karung goni yang sudah dibasahi.

Kemudian lanjut Lukman, jika kebakaran disebabkan oleh pendek atau korsleting listrik maka segera masyarakat untuk mematikan kompor atau listrik dengan menurunkan saklar MCB.

“Selanjutnya padamkan api dengan APAR. Jangan menggunakan air saat aliran listrik belum putus atau saklar MCB belum turun. Laporkan pada pihak PLN untuk memutuskan jaringan listrik yang di luar saklar MCB dan meteran listrik tersebut,” papar Lukman.

Untuk penangangan lebih lanjut, Lukman meminta masyarakat dapat menghubungi Damkar Paser di nomor 054321113.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *