Dekranasda dan Bunda Literasi Lestarikan Batik dan Inovasi Literasi Budaya

Tana Paser – Dalam rangka Memperingati Hari Batik Nasional,  Dekranasda  dan Pokja Bunda Literasi Kabupaten Paser menyelenggarakan   Dekranasda Award,  Launching Batik Paser dan Launching Inovasi Bunda Literasi Tahun 2023, yang dibuka secara langsung oleh Bupati Paser diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, S.Sos, M.Si, bertempat  di Gedung Awa Mangkuruku Tana Paser, Senin (2/10/2023).

Dalam sambutannya, Ketua umum Dekranasda sekaligus Bunda Literasi Kabupaten Paser Sinta Fahmi Fadli, S.AP menyampaikan  bahwa Hari Batik Nasional (HBN) diperingati sejak ditetapkannya batik indonesia sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2 oktober 2009. 

 “Hal ini merupakan  pengakuan internasional terhadap karya budaya milik bangsa sekaligus hal ini  meningkatkan citra positif Indonesia di mata dunia. Dengan tema Batik Bangkit, Peringatan HBN ke-14 tahun 2023 ini, diharapkan dapat membangkitkan lagi jiwa dan semangat pengrajin batik dan pelaku industri batik untuk terus tumbuh dan maju setelah sempat tersendat akibat pandemi,” ujarnya.

Sinta Fahmi Fadli menambahkan “Selain hal tersebut, dikatakannya bahwa Peringatan ini sekaligus sebagai momen pengingat seluruh komponen bangsa untuk terus mengapresiasi Batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan, untuk hal tersebut Dekranasda telah melaksanakan Lomba Desain Batik Paser,  diperoleh 4 Jenis Motif Batik Paser  dan sekaligus telah didapatkan Hak Cipta dari Kementerian Hukum dan HAM, dan Alhamdulillah hari ini kita launching. Batik Paser ini telah mendapat apresiasi dari Bupati Paser  Fahmi Fadli dan akan dibagikan kepada siswa  PAUD (KB,TK), SD,  SMP  se Kabupaten Paser secara geratis.” Ujarnya..  

Sebagai Bunda Literasi  saya mengundang seluruh Kepala Sekolah SD/MI. SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se Kabupaten Paser  hadir di acara ini, adalah untuk meminta agar Inovasi yang telah saya buat bersama Pokja Bunda Literasi  yaitu Gerakan  Optimalisasi Gerakan Literasi Budaya dan Literasi Sekolah Menuju Paser MAS (Germas Rekan Amas) dan Gerakan Satu Sekolah Satu Produk Literasi (Ratu Sedunia) lebih dioptimalkan lagi pelaksanaannya, dan nanti saya akan memberikan Literasi Award di Hari Ulang Tahun Kabupaten Paser Tahun 2023. Pada kesempatan ini saya juga berterima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Dekranasda maupun Bunda Literasi” Sinta menutup penjelasannya.

Sementara Ketua Pokja Bunda Literasi  Kasrani menyampaikan “Batik Paser yang telah di launching  Deranasda Kabupaten Paser adalah merupakan upaya untuk melestarikan Budaya Kabupaten Paser, sehingga kami sangat mendukung karena salah satu  Literasi  adalah Lierasi Budaya untuk memberikan nilai-nilai Nasionalisme kepada generasi muda Bangsa Indonesia, untuk mewujudkan Generasi Literat di Kabupaten Paser khususnya dan di Indonesia umumnya.

Kasrani menambahkan “Gerakan Literasi Budaya dan Literasi Sekolah akan berhasil dengan baik, tentu dukungan dari semua pihak baik Pemerintah, Swasta, Organisasi,Badan Usaha, Lembaga Pendidikan,  dan seluruh masyarakat Kabupaten Paser, untuk mari kita bersama-sama mewujudkannya untuk Paser MAS  (Maju, Adil dan Sejahtera).

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *