Dinas Perikanan Paser Berikan Bantuan dan Pelatihan Budidaya Ikan Lele

Tana Paser – Dinas perikanan Kabupaten Paser menyalurkan bantuan sekaligus memberikan pelatihan budidaya ikan lele kepada kelompok tani di Kecamatan Pasir Belengkong.

“Bantuan yang diberikan berupa 15 terpal, pakan benih 136 sak, bibit ikan lele dan 15 pipa paralon untuk saluran pembuangan,” kata Kepala Dinas Perikanan Paser Sadarudin, Senin (20/06/2022).

Bantuan tersebut, kata Sadarudin, diberikan kepada kelompok tani Tani Ngudi Mulyo di Desa Suatang Kecamatan Pasir Belengkong.

Menurut Sadarudin, bantuan itu diberikan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan petani.

Selain itu, katanya, bantuan diberikan sebagai penyemangat dan penggugah bagi kelompok tani lain untuk melakukan budidaya perikanan.

Dikemukakan Sadarudin bukan hanya bantuan saja yang diberikan kepada kelompok tani tersebut, Dinas Perikanan Paser juga membekali mereka dengan keterampilan.

“Kami arahkan bagaimana membuat kolam dari terpal dan membuat saluran pembuangan air, menyiapkan air, manajemen pakan, hingga proses panen,” jelas Sadarudin.

Sadarudin berharap kelompok tani yang mendapat bantuan, memanfaatkannya dengan baik sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomis guna menunjang kesejahteraan mereka.

“Juga terpenuhinya kebutuhan protein hewani di rumah tangga,” ucapnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *