Distapang Paser Agendakan 75 Gerakan Pangan Murah di 2024

Tana Paser – Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Paser mengagendakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) sebanyak 75 kali pada tahun 2024.

“Tahun ini kami merencanakan menggelar GPM sebanyak 75 kali baik itu yang dilaksanakan di Tanah Grogot maupun di kecamatan-kecamatan,” kata Kepala Distapang Paser, Taharuddin, Senin (15/1).

Kegiatan GPM di Tanah Grogot biasanya dilaksanakan di Outlet Pangan yang berada di jalan R.A Kartini, halaman kantor Bupati Paser, atau bersamaan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) di akhir pekan atau hari Minggu.

“Untuk outlet pangan kita di jalan R.A Kartini, sudah beroperasi setiap hari sejak tahun lalu,” kata Taharuddin.

Ia menerangkan GPM digelar dalam rangka menekan terjadinya inflasi dan menjaga stabilisasi harga. Kegiatan tersebut pasti dilakukan di setiap hari besar nasional di mana pada saat itu kemungkinan terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok.

Dalam pelaksanaannya Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan juga mendorong pihak swasta-Perusahaan, Organisasi Profesi dan Masyarakat, UMKM Pangan secara teroganisir melakukan kegiatan yang sama secara masif di Kabupaten Paser hingga pelosok pedesaan.

Gerakan pangan murah diharapkan mampu menyediakan bahan pangan strategis khususnya untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan, selain itu juga menyediakan bahan pangan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat.

“GPM juga bisa mendorong pelaku usaha kecil pangan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucap Taharuddin.

Taharuddin menambahkan, dalam kegiatan GPM, Distapang Paser menyajikan kebutuhan dengan harga lebih murah dari harga pasar seperti beras SPHP, Beras kualitas premium, Minyak Kita, minyak Goreng Camar, Raja Gula, Bawang merah , Bawang putih , telur, daging sapi beku, daging kerbau beku, daging ayam beku (Karkas) dan produk olahan daging, ayam dan ikan.

Ia menyebut pada tahun 2023 lalu menjelang natal dan tahun baru (Nataru), kegiatan GPM yang digelar Distapang, didukung oleh belasan vendor yakni Dinas Peternakan, Perum Bulog, DWP Kab Paser, CV.KTM- Agen Telor DW-KHAN, PT.Simar Pangan Borneo, Agen Bawang April, KTNA Kabupaten Paser, Gapoktan, Poktan KWT Sari Mukti, UMKM Pangan Paser Berayak, Buen Kanam, Putri Nadn, Ikram Frozen Meat, Lapak Azwa.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *