Disdukcapil Paser Bakal Pinjam 3.000 Blanko KTP-el ke Pemprov Kaltim

Tana Paser – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser berencana meminjam 3.000 blanko ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk memenuhi keperluan pencetakan KTP elektronik (KTP-el) bagi masyarakat di daerah itu.

“Rencana minggu ini kami mau pinjam 3.000 blanko ke provinsi,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Paser M. Ari Padriansyah, Senin (20/06/2022).

Dikemukakannya, blanko yang dipinjam tersebut akan dikembalikan setelah Disdukcapil Paser mendapatkan kiriman blanko dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Misal kita dapat jatah 8 ribu blanko dari Kemendagri, nanti jatahnya dikurangi 3 ribu. Jadi tidak mengurangi stok blanko di Pemprov Kaltim,” ucap Padriansyah.

Saat ini, kata dia, masih tersedia 2.000 blanko yang ada di Disdukcapil Paser dan diperkirakan blanko tersebut akan habis dalam bulan ini.

Disdukcapil Paser, lanjut Padriansyah, masih melayani pencetakan KTP-el baik itu untuk perubahan identitas, domisili, maupun pembuatan KTP-el baru.

“Selama masih ada blanko, kami layani semua. Jika persediaan menipis, kami prioritaskan untuk warga yang baru membuat KTP,” terang Padriansyah.

Padriansyah menyebut saat ini belum ada pelayanan perekaman KTP-el secara masif menjelang penyelenggaran Pemilu serentak 2024.

“Biasanya Kemendagri telah memetakan kebutuhan blanko setiap daerah menjelang Pemilu. Kami tinggal menunggu saja,” ungkapnya.

Reporter : Hutja, Editor : Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *