Disporapar Paser Beri Pelatihan Empat Pokdarwis di Long Ikis

Tana Paser – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser menggelar pelatihan kepada 4 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kecamatan Long Ikis, Kamis (16/06/2022).Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung pertemuan Empu Ulun Deo Desa Semuntai.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Pokdarwis dalam pengelolaan obyek wisata,” kata Kepala Disporapar Paser, Muksin.

Pelatihan yang dilaksanakan Disporapar bekerja sama dengan Pemerintah Desa Semuntai, Long Ikis.Empat Pokdarwis yang mengikuti pelatihan itu antara lain Pokdarwis Desa Semuntai, Desa Brewe, Desa Krayan Jaya, dan Pokdarwis Desa Long Gelang.

Materi kegiatan pelatihan disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Usaha dan Produk Wisata, Disporapar Paser, Sahrudddin dan pejabat fungsional Disporapar Wahab Syahrani.

Pelatihan, kata Muksin, fokus pada penerapan Sapta Pesona Pariwisata di kawasan obyek wisata.

“Sapta Pesona Pariwisata adalah mewujudkan objek wisata yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan meninggalkan kenangan yang berkesan bagi wisatawan,” ujar Muksin.

Ia berharap setelah mengikuti kegiatan itu, Pokdarwis masing-masing desa dapat mengelola obyek wisata dengan baik, sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat desa.

Sementara itu, Camat Long Ikis, Arnain mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan tersebut.”Terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, semoga ini menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata, khususnya di Kecamatan Long Ikis,” kata Arnain.

Ia meminta agar para anggota Pokdarwis mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di desanya masing-masing.

Pelatihan itu dalam dihadiri Kepala Disporapar Kabupaten Paser, Muksin, Camat Long Ikis Arnain, Ketua DPD Desa Semuntai Bahruddin dan Kepala Desa Semuntai Sardani.

Pewarta : Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 57 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *