DKISP Paser Paparkan Program Unggulan untuk Panji Keberhasilan Pembangunan Kaltim

TANA PASER, MCKabPaser – Tim Penilai Panji Keberhasilan Pembangunan Provinsi Kaltim dari Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kaltim, melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Statistik Persandian (DKISP) Paser, Rabu (03/11/2021).

Kunjungan tersebut diterima Kepala DKISP Paser Ina Rosana beserta pejabat eselon.Pada kesempatan ini pejabat DKISP Paser memaparkan program unggulan yang menjadi penilaian tim.

Antara lain yang dipaparkan yakni tentang program pengembang komunikasi dan media massa, penerapan aplikasi dan website, dan Pengelolaan Media Center.

Kepala DKISP Paser Ina Rosana mengatakan penilaian ini adalah kali pertama yang dilakukan terhadap program kerja dan inovasi DKISP Paser.

“Semoga ini memicu dan mengacu kami terus bersemangat untuk terus mengakselerasi program kegiatan pembangunan dalam ranga mewujudkan Kabupaten Paser yang Maju, Adil, dan Sejahtera (PASER MAS),” kata Ina.

Dipaparkan Ina kepada tim penilai, bahwa Kominfo dalam hal ini DKISP Paser saat ini memiliki peran strategis di era digitalisasi informasi, apalagi di masa pandemi yang membatasi kegiatan tatap muka.

“Untuk menuntaskan blank spot kita akan bangun 5 menara melalui APBD tahun 2022,” ucapnya.

Ina menambahkan bahwa Kabupaten Paser juga ditetapkan sebagai kota smart city yang saat ini sedang tahap penyusunan master plan. Untuk mendukung program tersebut, DKISP Paser telah membangun fiber optik yang terkoneksi antar perangkat daerah.

Ada tiga ring jaringan yang dibangun ring pertama di komplek perkantoran, ring kedua di perangkat daerah luar komplek perkantoran, dan ketiga jaringan internet kantor desa, sekolah dan fasilitas kesehatan.

“Kami turut berpartisipasi dalam penyediaan jaringan internet pada seleksi CPNS beberapa waktu lalu. Hal ini membuat Kabupaten Paser mendapat penghargaan dari BKN Regional Banjarmasin karena telah menerapkan manajemen resiko jaringan,” ujar Ina.

Selain membangun jaringan, DKISP Paser juga telah menyiapkan aplikasi dan situs yang saling terkoneksi. Aplikasi yang telah dibuat diantaranya aplikasi e-kecamatan dan e-kelurahan, e-puskesmas, antrian RSUD, antrian Disdukcapil, pelayanan Administrasi Kependudukan, e-ANJAb/ABK, dan e-presensi.

Aplikasi e-presensi digunakan untuk absensi seluruh pegawai sebagai inovasi dari penerapan absensi sebelumnya secara manual yang dinilai kurang efektif.

Sementara media untuk menyebarkan informasi, DKISP Paser memiliki Media Center Kominfo yang tak lain adalah Media Pemerintah dan masyarakat sebagai pusat informasi (berita) kegiatan kepala daerah, perangkat daerah, organisasi kemasyarakatan hingga kegiatan organisasi keagamaan.

“Harapan kami apa yang kami sampaikan dinilai sebagai inovasi yang nantinya bisa meraih penghargaan Panji Keberhasilan pembangunan di bidang teknologi komunikasi informasi,” ucap Ina.

Kabid APTIKA Kominfo Kaltim Dra. Normalina mengaku terkejut dengan apa yang dipaparkan DKISP Paser. Ia berharap kedepan ada sinergitas dan integrasi aplikasi antara Kominfo Kaltim dengan DKISP Paser.

Kabid TIK dan Persandian Kominfo Kaltim, Dianto mengaku apa yang dipaparkan DKISP Paser sudah cukup baik. Menurutnya dalam beberapa tahun terakhir DKISP Paser sudah banyak mengalami kemajuan.

“Ada beberapa masukan seperti perlu diperhatikan manajemen resiko tentang pengamanan data dan informasi dan layanan pengaduan untuk memudahkan masyarakat melapor,” ucapnya.

Penilaian juara Panji keberhasilan ini akan diumumkan pada Januari 2022 mendatang bertepatan dengan peringatan HUT Provinsi Kalimantan Timur.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *