Dua Bumdes di Paser Unggul dalam Inovasi dan Pengelolaan Aset

TANA PASER, MCKabPaser – Setelah melakukan peninjauan lapangan ke Bumdes Amanah Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro pada Kamis (09/09/2021), Tim Penilai lomba Bumdes dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Provinsi Kaltim melanjutkan peninjauan lapangan ke Bumdes Artha Mukti Desa Bukit Seloka Kecamatan Long Ikis, Jumat (10/9/2021).

Setelah peninjauan selesai, Muriyanto, salah satu tim penilai mengatakan secara umum kedua Bumdes tersebut cukup baik dalam hal inovasi dan pengelolaan aset dan keuangan.

“Secara umum dua Bumdes ini bagus bisa mewakili Paser di tingkat Provinsi Kaltim. Dari sisi inovasi bagus, pengelolaan keuangan juga bagus,” kata Muriyanto.

Ia menjelaskan, Bumdes Amanah Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro mempunyai inovasi membangun toko desa untuk menampung hasil olahan masyarakat berupa makanan dan produk lainnya, setelah pasar desa yang sebelumnya dikelola Bumdes tersebut tidak maksimal karena rendahnya daya beli masyarakat.

“Bahwa dulu mereka punya pasar tapi tidak maksimal karena daya beli masyarakat turun disebabkan harga TBS juga turun pada tahun 2017-2018. Pengurus mengambil langkah membut toko di sebelah kantor Bumdes, yang punya produk makanan dipasarkan di sana. Animo masyarakat cukup bagus. Tidak sampai satu bulan makanan bisa dijual. Inovasinya sudah dapat,” jelas Muriyanto.

Sementara Bumdes Artha Mukti Desa Bukit Seloka, katanya, dokumen-dokumennya sudah lengkap dan pengelolaan keuangan dan asetnya juga bagus.

“Tinggal kita lihat penilaian dari kabupaten lain. Hasilnya bisa keluar bulan September ini,” ujar Muriyanto. Foto : Hutja

Tim Media Center Kabupaten Paser

Total Views: 442 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *