Cegah Inflasi, Pemkab Paser Gelar Pasar Murah

TANA PASER, MCKabPaser – Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Paser agar distribusi barang lancar dan terkendali adalah dengan menyelenggarakan kegiatan pasar murah seperti ini, kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat kegiatan pasar murah dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) hari pangan se-dunia tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Paser, Senin (7/11/2022).

Pada kesempatan itu Bupati Fahmi juga mengimbau, kepada pengusaha terutama dalam skala besar agar dapat ikut berpartisipasi paling tidak menyelenggarakan bazaar pasar murah dilingkungannya.

Jika memungkinkan bukan hanya terbatas untuk karyawannya saja, akan tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum.

“Kepada pelaku usaha terutama distributor, grosir, agen, pengecer untuk menambah stoknya di atas kebutuhan normal,” ujarnya.

Bupati Fahmi menjelaskan pasar murah ini bertujuan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga merupakan bagian untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pangan di pasaran.

Ia menyebutkan banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan pasar murah ini baik dari sektor sosial maupun ekonomi.

“Salah satunya tersedianya barang dalam jumlah cukup dan terjangkau oleh masyarakat termasuk yang berpenghasilan rendah,” pungkasnya.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan R. Bambang Setyo Pambedo mengapresiasi peran Pemkab Paser bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Paser dalam mengurangi dampak penyesuaian harga BBM.

Pada bulan sebelumnya pemberian bantuan langsung tunai berupa subsidi upah dan penggunaan DTU sebesar 2 persen melalui pemberian subsidi kepada nelayan dan padat karya.

“Kami juga mengapresiasi adanya program Pekarangan Pangan Lestari yang dilaksanakan Badan Ketahanan Pangan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan masyarakat Paser secara mandiri,” ungkapnya.

Dirinya berharap kepada seluruh anggota TPID Kabupaten Paser agar terus bersinergi melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung GNPIP.

“Seperti High Level Meeting, TPID, pertanian urban, operasi pasar atau pasar murah, dan kegiatan lainnya,” tutupnya.

Turut hadir dalam acar tersebut Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Staf Ahli Bidang Ekonomi Afra Naheta, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, para Kepala Perangkat Daerah, Kepala ATR BPN Paser, para Pimpinan Bank, Kepala UPP Pelabuhan Pondong, Kepala Bulog Kabupaten Paser, Kepala Desa Tapis, Janju dan Tepian Batang, Perwakilan PKK serta Ketua Kadin Kabupaten Paser Abdurrahman KA.

Penulis : Asmaul, Editor: Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *