Penilaian Panji Keberhasilan, DKISP Paser Sampaikan Enam Program Prioritas Bidang Informatika

TANA PASER, MCKabPaser – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser mengembangkan enam program prioritas Bidang Informatika diantaranya yakni, implementasi smart city daerah serta pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“yang lainnya, membangun command center, penyediaan layanan kegawatdaruratan call center 112, penyediaan portal maya Pemerintah Kabupaten Paser (Paser Smart Service) dan Satu Data Kabupaten Paser,” kata Kepala DKISP Paser Ina Rosana saat penilaian panji-panji keberhasilan Bidang Informatika, di Command Center DKISP Paser, Jumat (7/10/2022).

Dikatakan Ina, dalam implementasi program smart city di Kabupaten Paser terdiri dari enam sub dimensi antara lain, smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

Pada tahun 2021 implementasi smart city di Paser dari beberapa sub dimensi tersebut, ada 19 rencana aksi yang sudah berjalan dan 21 masih dalam tahap proses.

“Di 2022 sudah berjalan 12 rencana aksi yang mana pada 2021 lalu rencana aksi tersebut belum berjalan,” ujarnya.

Ia menambahkan, hal itu merupakan upaya DKISP Paser dalam rangka mewujudkan misi Kabupaten Paser MAS yaitu Maju, Adil dan Sejahtera.

Sementara itu mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Paser sangat mendukung program DKISP dalam Bidang Informatika.

Untuk mewujudkan misi Kabupaten Paser MAS yaitu Maju, Adil dan Sejahtera dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien melalui pemerintahan yang profesional, partisipatif dan transparan.

Dengan adanya penilaian panji-panji bidang informatika oleh Diskominfo Provinsi Kaltim ini, Katsul berharap DKISP Paser agar lebih meningkatkan kembali fungsi dan penggunaan aplikasi pelayanan publik yang sudah terlaksana maupun yang belum diterapkan.

Sehingga aplikasi yang dibuat dapat berfungsi dan digunakan baik di perangkat daerah maupun masyarakat dalam hal tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

“Lebih ditingkatkan lagi pemanfaatan dan fungsi aplikasi yang ada, agar fungsi dan penggunanya tepat sehingga perangkat daerah maupun masyarakat mudah mengaksesnya,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Adi Maulana, Kepala DKISP Paser Ina Rosana, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Nur Asni, Sekretaris DKISP Amri Yulihardi dan jajaran DKISP Paser serta perwakilan PT. Telkom dan Icon plus.

Penilaian diikuti 10 kabupaten/kota se-Kaltim dan dilakukan secara daring oleh tim penilai dari Dinas Kominfo Provinsi Kaltim yang dipimpin Kadis Kominfo Provinsi Kaltim M. Faisal.

Penulis : Asmaul, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *