Delapan kios terbakar di pasar Senaken segera diperbaiki

Tana Paser – Sebanyak delapan kios pasar induk Penyembolum Senaken yang terbakar pada Jumat (10/11) lalu, akan diperbaiki setelah dilakukan penyelidikan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Akan diperbaiki setelah diinvestigasi oleh Satpol PP. Hari ini para pedagang sudah dipanggil untuk dimintakan keterangan,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Yusuf, Senin (13/11).

Yusuf mengatakan dari delapan kios terbakar, sebanyak enam kios hangus total dan dua lainnya terkena dampak. Proses perbaikan bangunan harus segera dilakukan agar para pedagang bisa kembali melanjutkan usaha mereka.

Ia menegaskan perbaikan bangunan dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan tidak memperkenankan pedagang melakukan perbaikan mandiri.

“Karena ini aset Pemerintah Daerah yang kami pinjamkan untuk dipakai pedagang, maka dari itu kerusakan menjadi tanggungjawab pemerintah. Kami melarang mereka membangun sendiri,” ujar Yusuf.

Disperindagkop UKM Paser, kata Yusuf, pada hari ini, Senin (13/11), telah mengunjungi kios yang terbakar untuk mengetahui musabab timbulnya api. Informasi yang diterima, api muncul dari adanya konsleting listrik dari dalam kios.

“Ini pembelajaran kedepan bagi pedagang untuk waspada dari bahaya konsleting listrik. Kami memperoleh informasi, di dalam kios, penggunaan kabel yang tidak teratur,” ujar Yusuf.

Ia berharap bencana ini tidak terulang di kemudian hari dan bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak terutama pedagang. Yusuf juga meminta kepada mereka meningkatkan kesadaran menjaga kios yang ditempati.

Kedepan, Disperindagkop UKM akan mengingintensifkan pengawasan kios di pasar tersebut agar lebih tertata dan rapi.

“Kami terus koordinasi dengan BPBD agar perbaikan bisa ditangani melalui dana tanggap bencana. Kedepan kami juga akan memperketat pengawasan agar kejadian seperti ini tidak terulang,” tutup Yusuf.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *