Jelang Idul Fitri Pemda Paser Awasi Pengukuran di SPBU

Tana Paser – Jelang hari raya Idul Fitri, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser melakukan pengawasan tera atau pengukuran pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sejumlah kecamatan.

“Pengawasan untuk memastikan penggunaan alat ukur sesuai ketentuan,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Yusuf, Rabu (12/4).

Selama beberapa hari kedepan, kata Yusuf, Disperindagkop Paser melaksanakan pengawasan tera di beberapa pom bensin di sepanjang jalur mudik seperti di Long Kali, Long Ikis, Kuaro, dan Tanah Grogot.

Pengawasan tera pada SPBU, lanjut Yusuf, dilakukan guna meningkatkan perlindungan konsumen serta menjamin kebenaran hasil ukur.

“Hasil pemeriksaan hari ini antara pompa ukur dan angka yang tertera pada mesin pompa sudah sesuai,” ucap Yusuf.

Dalam pengawasan yang dilakukan petugas memastikan penggunaan alat ukur sesuai ketentuan, mengecek kebenaran hasil pengukuran dan penakaran.

“Kita pastikan apakah ada tanda tera atau surat keterangan tertulis pengganti tanda sah dan kita cek juga kalau transaksi batal apakah ada tanda batalnya,” terang Yusuf.

Yusuf  menghimbau agar pihak pengelola SPBU selalu melakukan Tera / Tera Ulang sesuai jadwal untuk menjaga kesesuaian tersebut. Hasil dari pengawasan ini, kata Yusuf, akan dilaporkan ke Kementerian Perdagangan sebagai catatan pengawasan secara nasional.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *