Sebanyak 20 Pelaku Industri Ikuti Pelatihan Pembuatan Kapal Fiber

Tana Paser – Sebanyak 20 pelaku industri pembuatan perahu di Kabupaten Paser mengikuti pembuatan kapal fiber yang digelar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Timur, sejak 22 hingga 24 Mei 2023.

Kepala Diseperindagkop UKM Paser, Yusuf mengatakan peserta berasal dari dua desa, 15 orang diantaranya dari Desa Pasir Mayang dan 5 orang dari Desa Muara Adang.

“Selama tiga hari peserta pelatihan mengikuti teori dan praktik pembuatan kapal fiber di Desa Pasir Mayang,” kata Yusuf, Rabu (24/5).

Pelatihan pembuatan kapal fiber, kata Yusuf, mengingat pembuatan kapal berbahan kayu ulin sangat mahal dan sulit mendapatkan ijin. Oleh karena itu, salah satu alternatif untuk mengtasinya mengganti bahan baku ulin dengan bahan fiber.

Adapun keunggulan dari kapal berbahan fiber, lanjut Yusuf, antara lain harganya yang relatif murah dibanding ulin.

“Kapal berbahan fiber lebih ringan, tahan lama dan kuat, tahan benturan, tahan korosi,” ujar Yusuf.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kapal fiber lebih mudah dibentuk dengan cetakan menjadi berbagai macam perabotan, baik perabotan rumah tangga maupun barang-barang industri.

Katanya, bahan isolasi suhu tinggi membuat fiberglass menjadi penghalang panas yang baik, bernilai tinggi dan serba guna. “Bila mengalami kerusakan bodi kapal mudah diperbaiki dengan mendempul,” ujar Yusuf.

Yusuf mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan ekonomi pelaku industri kapal.

“Kami berharap pelatihan ini akan memberikan tambahan ilmu bagi industri kecil menengah sehingga akan tumbuh dan mampu memberikan konstribusi ekonomi daerah. ,” harap Yusuf.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *