Bupati : TTG Sesuai Kebutuhan Masyarakat Dan Memiliki Nilai Tambah Ekonomi

TANA PASER, MCKabPaser – Sesuai instruksi Presiden nomor 3 Tahun 2001, Teknologi Tepat Guna (TTG)  adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat digunakan masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan hidup.

Hal tersebut dikatakan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat membuka lomba gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-IX Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Paser di  Lapangan Banteng Kecamatan Muara Komam, Senin (05/12/2022).

“Seperti diketahui lomba gelar TTG ini dilaksanakan setiap tahun dan diajang ini Kabupaten Paser selalu berprestasi di tingkat Nasional dan Provinsi,” kata Fahmi.

Ia menyebutkan bahwa Desa Uko pada gelar TTG tahun lalu meraih juara satu tingkat Provinsi Kalimantan Timur sehingga mewakili Provinsi Kaltim ke tingkat Nasional.

Berbagai inovasi yang dilakukan pada gelar TTG, namun Pemkab Paser belum dapat menjaga keberlangsungan dari hasil TTG ini.

“Kita dapat melakukan inovasi luar biasa, tapi setelah itu bingung mau dibawa kemana teknologi ini,” jelasnya.

Untuk itu Bupati Fahmi menginstruksikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Paser agar karya TTG yang sebelumnya atau saat ini dapat dirasakan masyarakat.

Dengan demikian hal itu dapat menjawab prinsip sejahtera dalam Paser MAS yaitu Maju, Adil dan Sejahtera.

“Seperti alat pengering padi di Desa Uko tahun lalu, seharusnya saat ini telah dipatenkan dan diproduksi masal sehingga dapat digunakan masyarakat Paser di luar Desa Uko, ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati Paser juga menyerahkan penghargaan kepada Desa yang telah berkontribusi terhadap pengembangan inovasi TTG diantaranya, Desa Tajur, Samurangau, Damit, Gunung Putar dan Desa Uko.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Paser Chandra Irwanadhi, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Paser Ina Rosana,  para camat dan para Kepala Desa sekabupaten Paser.

Adapun tema lomba TTG ke-IX yaitu “Dengan Gelar dan lomba TTG Kita Tumbuhkan Kreativitas Berinovasi Menuju Paser MAS (Maju, Adil, Sejahtera)” dan diikuti oleh 10 Kecamatan di Kabupaten Paser.

Tim Liputan Media Center Diskominfostaper Kabupaten Paser.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *