Stabilisasi Harga, TPID Paser Gelar Pasar Murah di Arena Promosi Putri Petung

Tana Paser – Warga tanah Grogot tumpah ruah memadati pasar murah yang digagas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Paser bersama Bank Indonesia (BI) perwakilan Balikpapan dan Bulog, di arena promosi Putri Petung, Sabtu (15/4) pagi.

Dalam kegiatan itu terdapat 20 stand yang menyediakan sembilan bahan pokok (sembako), makanan lebaran, perlengkapan Ramadhan, kue dan minuman, buah dan sayuran, makanan olahan perikanan. Tersedia juga minyak 9.800 liter.

Sekretaris Daerah Katsul Wijaya, saat membacakan sambutan Bupati Paser pada pembukaan kegiatan itu mengatakan, pasar murah digelar selama dua hari sejak Sabtu.

“Pemda melalui TPID bekerjasama dengan BI Balikpapan, Bulog, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan, Dinas Perikanan, Disperindagkop menggelar pangan murah yang digelar dua hari mulai hari ini,” kata Katsul.

Katsul mengatakan, pasar murah merupakan salah satu bentuk perwujudan visi Kabupaten Paser, terkhusus visi sejahtera yakni terpenuhinya kebutuhan pokok yang dapat meningkatkan standar kehidupan masyarakat.

Di acara pasar murah ini tersedia beras premium dan medium, minyak curah, gula pasir, buah, ikan segar, daging segar, daging beku, olahan ikan, dan aneka UMKM yang pasti harganya lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka stabilisasi kenaikan harga sembako di bulan Ramadan,” imbuhnya.

Katsul menyebut memang tidak bisa dipungkiri di Indonesia terdapat dua waktu yang rawan terjadi inflasi yaitu setiap memasuki bulan suci Ramadan hingga menjelang lebaran Idulfitri serta akhir tahun baru hingga awal tahun baru.

Pada kedua waktu itu sering terjadi inflasi dimana harga barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang diakibatkan tingginya permintaan konsumen di pasaran yang tidak dibarengi oleh ketersediaan barang.

Menurutnya, inflasi tentu akan membebani masyarakat kita sebagai konsumen dan inilah yang biasa menjadi keluhan para ibu rumah tangga sebagai konsumen sejati yang harus bisa memutar akal agar semua dapat terpenuhi.

Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia perwakilan Balikpapan atas dukungannya terhadap kegiatan ini Kita berharap terus bersinergi di berbagai kegiatan yang tentunya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Paser.

Kepala Kantor Bulog atau kantor Seksi Logistik (Kansilog) Tanah Grogot, M. Radhy Ansari mengatakan dalam kegiatan itu pihaknya 5 ton beras.”Kita juga menyiapkan tepung 1 ton, gula 2 ton, minyak 200 liter, dan telur 30 piring,” ujarnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *