El Nino berdampak pada penyusutan volume air baku di Paser

Tana Paser – Direktur Perusahaan Umum Daerah Tirta Kandilo Suryanto Agus Tono mengatakan El Nino atau kemarau yang terjadi saat ini berdampak pada penyusutan volume air baku di Kabupaten Paser.

“Karena ada penyusutan air baku jadi tidak bisa masuk ke prasedimentasi Perumda yang di Sangkuriman,” kata Suryanto, Senin (4/9).

Suryanto menerangkan kondisi ini menyebabkan terkendalnya distribusi air ke pelanggan sehingga pelayanan tidak bisa maksimal seperti hari biasa.
Pihak perusahaan, kata dia, telah menyediakan pompa air untuk transfer air sungai ke prasedimentasi.

Karena menurutnya, kapasitas pompa yang disediakan tersebut bisa memasukkan air ke prasedimentasi hingga mencapai 300 liter per detik.
“Setelah itu baru dipompa lagi ke instalasi pengelolaan air kita yang ada di Tepian Batang,” ujarnya.

Suryanto mengatakan pihaknya juga telah melakukan pengerukan secara manual ke titik prasidementasi dengan mengangkat lumpur yang mengendap.

“Hal itu agar air dari sungai pada saat pasang bisa masuk, sementara jika dalam kondisi surut, memang air tidak akan bisa masuk,” terangnya.

Saat ini, lanjutnya, kondisi permukaan air hanya mencapai sekitar 2 meter sementara saat musim penghujan tinggi air mencapai 3,5 sampai 4 meter.

Penyusuatan air ini tidak hanya terjadi di wilayah Ibu Kota Kabupaten Paser, Tanah Grogot, melainkan juga terjadi di wilayah lain yakn Batu Engau, Kuaro, dan Long Ikis.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *