GPMB Paser : Semangat Sumpah Pemuda, Wujudkan Genersi Emas

Tana Paser -Hari ini Sabtu, 28 Oktober 2023, Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda dari berbagai penjuru Indonesia berkumpul di Jakarta untuk merumuskan Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda berisi tiga butir pernyataan, yaitu: pertama Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. kedua Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. ketiga Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”. Tema ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan berkolaborasi dalam memajukan Indonesia.

Menurut Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser, Kasrani Latief “Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah yang penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda menjadi dasar bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia dan menjadi semangat persatuan dan kesatuan bangsa”

Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terdiri dari berbagai suku, bahasa, dan budaya. Namun, dengan Sumpah Pemuda perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bersatu dan berkolaborasi dalam memajukan bangsa”

Kasrani Latief mengingatkan “pertama Generasi Muda harus selalu menjaga rasa nasionalisme/cinta tanah air berarti bahwa setiap warga Indonesia wajib untuk selalu setia dan juga bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia.

kedua meningkatkan kualitas dirii, baik dari segi pendidikan, keterampilan, maupun karakter. ketiga Berkarya dan berinovasi untuk kemajuan bangsa. keempat berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa melalui berbagai cara, kelima Selalu menjaga Nilai kerja sama dan gotong royong demi mencapai satu tujuan tanpa pamrih atau mengharapkan suatu imbalan.

Kasrani Latief juga berharap kepada semua stakeholder, pemerintah, swasta, lembaga, organisasi dan masyarakat untuk bekerjasama untuk mendukung pemuda menjadi agen perubahan dan memajukan bangsa serta meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda di Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda, Mari kita bersama-sama mewujudkan Generasi EMAS di Indonesia. Mengakhiri penjelsannya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *