Hadapi Inflasi di Semester II 2023, BI Apresiasi Upaya TPID Paser Cegah Kelangkaan

Tana Paser – Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan Ratna Wardaningsih mengapresiasi program operasi pasar murah yang digagas Pemerintah Daerah (Pemda) Paser melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Apresiasi tersebut disampaikan Ratna saat menghadiri pembukaan pasar murah di arena promosi Putri Petung, Sabtu (15/4).

Pada kegiatan yang dibuka Sekda Paser Katsul Wijaya itu juga dihadiri pejabat Sekretariat Daerah dan Kepala Perangkat Daerah serta Camat dan Lurah.

“Kami mengapresiasi TPID Kabupaten Paser yang telah menginisiasi pelaksanaan pasar murah pada tanggal 19 Maret sampai 16 April 2023 sebagai upaya menstabilkan harga-harga pangan,” kata Ratna.

Ia berharap upaya ini dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau dan pada akhirnya kami harapkan inflasi di kabupaten Paser terkendali.

“Segala upaya dilakukan dapat mendukung masyarakat menjalankan ibadah puasa dan hari raya idul Fitri dengan tenang dan nyaman,” ujarnya.

Ratna menerangkan Bank Indonesia memperkirakan inflasi akan kembali pada rentang 3 persen plus minus 2 pada semester dua tahun 2023 ini.

“Tentunya diperlukan langkah-langkah strategis agar kedepan agar tidak terjadi inflasi yang tinggi terutama bertepatan dengan momen Ramadan, Idulfitri yang secara historis terdapat kenaikan permintaan,” paparnya.

“Kami senantiasa mengimbau masyarakat untuk berbelanja secara bijak tidak berlebihan dan tidak panic Buying,” katanya.

Bupati Paser dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Katsul Wijaya menegaskan kegiatan operasi pasar dilakukan dalam rangka stabilisasi kenaikan harga dan mencegah kelangkaan sembako di bulan Ramadan.

“Inflasi tentu akan membebani masyarakat kita sebagai konsumen dan inilah yang biasa menjadi keluhan para ibu rumah tangga sebagai konsumen sejati yang harus bisa memutar akal agar semua dapat terpenuhi,” kata Bupati dalam sambutannya.

Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia perwakilan Balikpapan atas dukungannya terhadap kegiatan ini.

“Kita berharap terus bersinergi di berbagai kegiatan yang tentunya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Paser,” imbuhnya.

Pada acara pasar murah ini tersedia beras premium dan medium, minyak curah, gula pasir, buah, ikan segar, daging segar, daging beku, olahan ikan, dan aneka UMKM yang pasti harganya lebih murah dibandingkan harga di pasaran.Bulog juga menyediakan 5 ton beras, tepung 1 ton, gula 2 ton, minyak 200 liter, dan telur 30 piring,” ujarnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *