Ikuti Rakernas, Bupati Paser Minta Percepat Realisasi Program Kegiatan

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengikuti Rapat kerja nasional (Rakernas) akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021 yang digelar Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara virtual di Kantor Bupati, Selasa (14/09/2021). Rakornas itu mengusung tema “Bangkitkan ekonomi, pulihkan negeri, bersama hadapi pandemi”.

Selain Bupati, turut hadir dalam rapat ini Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana, Asisten Administrasi Umum Setda Paser Murhariyanto, dan Asisten Kesra Setda Paser Romif Erwinadi, serta Sopini Plt.Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah.

Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana mengatakan rakornas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional serta menjaga kepercayaan publik.

“Pemkab Paser berkomitmen dan konsisten dalam mengelola keuangan APBN dan ABPD yang mengacu Undang-Undang nomor 2 tahun 2020 terkait pengelolaan di masa pandemi, bahwa seluruh perangkat daearah mengalami refocusing atau memfokuskan anggaran pada penangangan Covid-19.” Kata Ina.

Menurut Ina,Kegiatan tersebut difokuskan pada sejumlah perangkat daerah seperti  Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daearah (BPBD), RSUD Panglima Sebaya, dan perangkat daerah terkait dalam penanganan Covid-19.

Pada Rakernas ini, Kabupaten Paser mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai daerah yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut sejak 2016.

“Meski sebenarnya opini WTP secara keseluruhan yang diraih Pemkab Paser sebanyak 8 kali,” katanya.

Ina berharap perangkat daerah dapat mempercepat proses realisasi keuangan apalagi sebentar lagi akan memasuki triwulan keempat. Untuk diketahui, saat ini realisasi keuangan hingga triwulan kedua baru mencapai 50 persen. Oleh karena itu, kata dia, saat ini Pemkab Paser akan mempercepat realisasi keuangan di triwulan ketiga.

“Sehingga serapan dana belanja Kita juga bisa lebih meningkat karena salah satu faktor yang bisa mendorong naiknya kemampuan belanja masyarakat kita itu apabila APBD bergerak,” kata Ina.

Sementara Bupati Paser mengharapkan seluruh perangkat daerah fokus terhadap percepatan realisasi program kegiatan sehingga serapan dana belanja juga bisa lebih meningkat karena salah satu faktor yang bisa mendorong naiknya kemampuan belanja masyarakat kita itu apabila APBD bergerak

Dalam rakernas itu dirangkai dengan kegiatan launching buku “Mengawal akuntabilitas penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional tahun 2020”,

Pada kesempatan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan apresiasi kinerja keuangan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten / kota dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Bu Menteri Keuangan menyampaikan terima kasih kepada seluruh kementerian, lembaga pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota yang sudah bersinergi bersama-sama untuk menjaga pengelolaan keuangan akuntabel dan transparan,” kata Ina Rosana.

Tim Media Center Kabupaten Paser, FOTO : Adhitia

Total Views: 750 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *