Kali Pertama, Orang Utan Muncul di Lusan Muara Komam

TANA PASER, MCKabPaser – Warga Desa Lusan Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser, pada Senin (07/06/2021) siang dikejutkan dengan kemunculan Orang utan.

Kehadiran binatang primata itu cukup mengejutkan karena menurut pengakuan masyarakat setempat, baru kali ini mereka melihat binatang tersebut.

“Munculnya kemarin, saat ini (binatang itu) masih di Lusan. Kata warga dan saya dengar dari para tetua adat di sana, ‘seumur-umur baru kali ini mereka melihat orang utan’,” kata Camat Muara Komam Abdul Rasyid, dikonfirmasi Selasa (08/06/2021).

Untuk mengamankan binatang yang dilindungi itu, Rasyid mengatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan sejumlah pihak untuk memastikan primata itu dirawat dan dipelihara dengan baik.

“Kami sudah berkoordinasi degan Polsek, pemerintah Desa Lusan, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Balikpapan,” ucap Rasyid.

Selama warga bercocok tanam, atau aktivitas di hutan, belum pernah mereka menemukan orang utan di Desa Lusan.

Sekretaris Desa Lusan Endah Retno mengatakan binatang itu saat ini kondisinya aman bersama warga. Bahkan masyarakat setempat sudah memberinya makan. Tidak ada ketakutan warga dengan kehadiran primata itu.

“Sambil menunggu BKSDA, kami sudah komunikasi dengan Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Telake. Beliau siap membantu saat evakuasi nanti,” ujarnya. Foto : Istimewa

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 4754 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *