Kepala DKISP Paser Minta OPD Partisipasi Ikuti Bimtek Smart City Tahap 3

TANA PASER, MCKabPaser – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser Ina Rosana menutup bimbingan teknis (bimtek) tahap ll Penyusunan Smart City di Pendopo Kabupaten Paser, Jumat (24/09/2021).

Ina meminta perangkat daerah lebih aktif menyampaikan program-program yang akan dimasukkan dalam konsep smart city atau layanan pemerintah berbasis teknologi.

“Harapan pada bimtek ketiga lebih banyak perangkat daerah terutama camat karena sebagai leading masyarakat di kecamatan untuk hadir untuk merumuskan konsep ekonomi, pemerintahan, lingkungan, smart living dalam smart city,” katanya.

Menurut dia, program setiap perangkat daerah yang dimasukkan dalam konsep smart city nantinya akan diintegrasikan dalam layanan berbasis teknologi yang efektif dan efisien. Apalagi, posisi Kabupaten Paser adalah daerah penyangga Ibu Kota Negara baru.

“Dengan smart city pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi dengan cara peningkatan kualitas pelayanan melalui teknologi informasi, di mana konsep ini menyentuh pada kegiatan kita sehari-hari,” ucap Ina.

Dr. Lukito Edi Nugroho, tenaga ahli penyusunan master plan smart city Kabupaten Paser mengatakan pada bimtek ketiga ini penyampaian program lebih detail dan terperinci.

“Program disesuaikan masing-masing perangkat daerah. Mereka menuangkan pemikiran tentang kegiatan kedepan dalam satu bentuk program yang sistematis. Programnya apa, indikator apa kebutuhannya apa, anggaran berapa,” papar Lukito.

Secara teknis, lanjut Lukito, masih banyak yang harus dilakukan namun persoalan itu masih bisa ditangani misalnya pembuatan aplikasi ataupun penyediaan jaringan telekomunikasi.

“Terkait teknisnya masih banyak yang harus dilakukan tetapi menurut saya teknis itu bukan sesuatu yang sulit. Misalnya bikin aplikasi sudah banyak orang yang bisa, mau bikin fiber optik atau koneksi internet itu mudah. Yang penting kolaborasi seluruh perangkat daerah, kalau sendiri-sendiri tidak bisa,” katanya. (Tim MC Kominfo Paser)

Total Views: 614 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *