Dinkes Paser : Ayo Vaksin Booster, bentuk 97 Persen Kekebalan Tubuh

Tana Paser, MCKabPaser -Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser dr. I Dewa Made Sudharsana mengatakan penting bagi masyarakat mengikuti vaksin booster karena dapat membentuk kekebalan tubuh 97%.

“Penting bagi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi booster ini karena dapat membentuk antibodi 97%,” kata Dewa, Selasa (01/03/2022).

Menurut para ahli, kata Dewa, vaksinasi dosis pertama membentuk kekebalan tubuh 16%, sedangkan dosis kedua baru 87%.”Meski efek saat mendapat vaksin booster ini tidak ada, karena dosis yang diterima separuh dari dosis pertama dan kedua, vaksin booster dapat meningkatkan antibodi sangat besar,” ujarnya.

Pada vaksinasi booster, dosis yang diberikan separuh dari dosis vaksin primer (dosis pertama dan kedua) yakni 0,15 Mili liter untuk vaksin Pfizer dan 0,25 Mili liter untuk vaksin AstraZeneca.Dewa menambahkan pentingnya vaksinasi booster karena dapat mengurangi risiko paparan Covid-19.

“Masyarakat yang sudah divaksin terpaparnya tidak separah tahun lalu,” katanya.

Dewa meminta masyarakat tenang dan tidak panik saat mengalami gejala terserang penyakit terutama di saat musim pancaroba saat ini.

Saat merasa demam tinggi, batuk dan pilek, meski gejala itu bisa memungkinkan terpapar dari varian Omricon, upaya deteksi perlu dilakukan dengan melakukan swab antigen.

“Ini perlu untuk mengetahui apakah kita Terpapar. Jika positif Covid-19, lakukan isolasi dengan baik. Hindari interaksi dengan keluarga dan sahabat, terutama yang memiliki penyakit komorbid,” ucapnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *