Disbunak Paser Target Berikan 2.500 Dosis Vaksin Rabies

Tana Paser – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser menargetkan pemberian 2.500 dosis untuk kegiatan vaksinasi rabies pada tahun 2023.Analis muda pada Disbunak Kabupaten Paser Sriatun SPt mengatakan vaksinasi rabies merupakan program rutin untuk mencegah penyebaran rabies “Kami targetkan bulan Agustus atau September ini selesai,” kata Sriatun, Selasa (18/7).

Disbunak Paser pada hari ini melakukan vaksinasi di Kecamatan Tanah Grogot tepatnya di Desa Tapis dengan target 200 dosis. Dari 10 kecamatan, ada tiga kecamatan yang paling banyak mendapat dosis vaksin yakni Tanah Grogot, Batu Sopang, dan Kuaro.Pemberian vaksinasi dilakukan petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di masing-masing kecamatan.

Dalam kegiatan vaksinasi Disbunak juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.Adapun sistem pemberian vaksinasi dilakukan di satu tempat sehingga memudahkan masyarakat untuk memvaksin hewan peliharaannya.

“Biasanya kami door to door tapi dengan dipusatkan di satu titik, memudahkan pelayanan,” ujar Sriatun.

Rabies adalah penyakit zoonosis atau penyakit yang ditularkan hewan kepada manusia.”Kita vaksin kucing dan anjing yang banyak dipelihara masyarakat. Rabies juga menular dari kera,” ungkap Sriatun.

Vaksinasi rabies rutin dilakukan Disbunak Paser setiap tahun. Apalagi saat ini kasus rabies menjadi perhatian, seperti yang terjadi di Kabupaten Barito provinsi Kalimantan Tengah. “Secara umum Kalimantan belum bebas dari rabies,” kata Sriatun.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *