Tingkatkan Sinergitas, Optimalisasi Peran dan Fungsi, Forkopimda Paser Lakukan Kunker ke Mataram

MATARAM, MCKabPaseer – Guna meningkatkan sinergitas peran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam menunjang kelancaran pelaksanaan urusan Pemerintahan Umum di daerah. Sesuai dengan amanat UU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Diketahui, selama ini kegiatan Forkopimda Kabupaten Paser telah berjalan dengan baik meskipun masih ada yang perlu disempurnakan. Sehingga untuk mengoptimalkan peran dan fungsi koordinasi antar unsur Forkopimda dalam pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah dan memelihara serta membina keamanan dan ketentraman di daerah perlu dilakukan.

Untyk itu, Pemerintah Kabupaten Paser melalui Forkopimda melakukan Kunjungan Kerja dan silaturahmi ke jajaran Forkopimda Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggaran Barat (NTB) untuk saling bertukar informasi tentang permasalahan yang terjadi serta upaya apa yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah di masing-masing daerah.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat memberikan sambutan, di kantor Walikota Mataram Provinsi Nusa Tenggaran Barat (NTB), Selasa (26/9/2023).

“Kedatangan kami di sini juga dalam untuk menyambung silaturrahmi antara Forkopimda Kabupaten Paser dengan Forkopimda Kota Mataram yang tentunya belum saling mengenal. Tak kenal maka tak sayang,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat diterima di Kantor Walikota Mataram oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram Lalu Alwa Basri, Selasa (26/9/2023).

Menurutnya, Kabupaten Paser dengan Kota Mataram memiliki kesamaan, yaitu sama-sama menjadi tujuan warga pendatang. Kesamaan ke dua daerah adalah bahwa kita sama-sama tetap menjunjung tinggi nilai adat dan budaya yang telah diwariskan para leluhur dan menjadi ciri khas kita.

“Tentu ini menjadi keistimewaan kita sekaligus menjadi tantangan  bersama, terutama dalam menghadapi Pemilu Serentak yang akan diadakan tahun 2024,” ujarnya.

Saat ini Pemerintah Kota Mataram telah giat-giatnya mengembangkan kawasan pariwisatanya, Fahmi menilai hal tersebut dapat membawa konsekuensi meningktatnya kerawanan sosial.

“Untuk itulah Forkopimda Paser ingin mengetahui upaya-upaya Pemerintah Kota Mataram dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, tutupnya.

Kegiatan yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser dan dipimpin orag nomor satu diKabupaten Paser itu diikuti oleh anggota Forkopimda lainnya, diantranya Dandim 0904/Psr Letkol Inf. Ary Susetyo, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta,SIK, Kajari Paser Rajendra D. Wiritanaya,SH dan Ketua Pengadilan Negeri Paser Made Adicandra Purnawan,SH. MC.Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *