DP2KBP3A Paser kukuhkan pengurus forum anak 2023-2025

Tana Paser – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser mengukuhkan pengurus Forum Anak periode 2023-2025.

“Kepengurusan yang baru sudah kami bentuk untuk periode dua tahun kedepan,” kata Kepala DP2KBP3A Paser, Amir Faisol, Rabu (16/7)

Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak mengamanatkan setiap daerah wajib melakukan pemenuhan kebutuhan anak.

Pembentukan forum anak ini, kata Amir, salah satu perwujudukan dari UU tersebut, sebagai wadah untuk menjembatani aspirasi anak terhadap pembangunan.

Pengurus forum anak ini terdiri dari pelajar SLTP dan SMA di Kabupaten Paser, yang secara hirarki kepengurusannya akan dibentuk di tingkat kecamatan.

Amir menerangkan forum anak merupakan mitra pemerintah dalam penanganan persoalan anak dalam penanganan stunting, pelatihan duta generasi berencana, dan kegiatan tentang perlindungan perempuan dan anak.

“Mereka penyambung infomasi di sekolah. Forum anak melalui perwakilan pengurusnya bertugas menginformasikan tentang pencegahan stunting, kekerasan anak, bullying, efek negatif pernikahan dini, seks di luar nikah, hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang,” papar Amir.

Amir berharap keberadaan forum anak dapat berperan penting dalam penanganan kasus anak dan pemberdayaan anak di Kabupaten Paser, terlebih saat ini Kabupaten Paser sudah memilik status sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Berikut nama pengurus Forum Anak Kabupaten Paser perioder 2023 – 2025

Ketua : Ilham Aditya Nugraha (SMA 2 Tanah Grogot)

Sekretaris M. Raihan Aryadinata (SMKN 4 Tanah Grogot)

Bendahara Nur Masyithah Sari Dewi (SMKN 1 Tanah Grogot).

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *