IAI Paser Sosialisasi Obat TBC dan Diabetes

Tana Paser – Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Kabupaten Paser melakukan sosialisasi dan edukasi tentang obat penyakit tuberculusis (TBC) dan Diabetes melalui Radio Suara Daya Taka, Jumat (23/9).

Dalam sosialisasi itu tiga apoteker hadir sebagai nara sumber. Diantaranya, Apr. Normakiyah S.Far, Apt. Yayillatul R. SS.i dan Apt. Eva HU, S. Farm.

Dalam sosialisasi tersebut dipaparkan bahwa obat untuk TBC maupun Diabetes merupakan obat keras sehingga untuk mendapatkannya harus melalui resep dokter.

“Resep obat hanya bisa ditebus di sarana kefarmasian resmi seperti apotek, puskesmas, klinik/rumah sakit, ” Kata Normakiyah.

Selain dijelaskan cara mendapatkan obat yang aman. Dalam sosialisasi itu dijelaskan bagaimana bagaimana memperlakukan obat, seperti cara menggunakan obat, menyimpan obat hingga membuang obat ketika sudah kedaluarsa.

Sebagai contoh bagaimana membuang obat Diabetes Melitus yang sudah rusak atau kedaluwarsa.

“Keluarkan obat dari kemasannya, hancurkan hingga berbentuk bubuk masukan dalam plastik dicampur air, tanah atau pasir lalu diikat batu dibuang ke tempat sampah, ” kata Yayillatul.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 3 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.