Puskesmas di Jalur Mudik Tetap Buka Selama Libur lebaran

Tana Paser – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser menginstruksikan kepada sejumlah puskesmas yang berada di jalur mudik tetap membuka pelayanan kesehatan selama libur hari raya Idulftiri.

Instruksi tersebut sebagai tindaklanjut dari Surat edaran Kemenkes Nomor : HK.02.02/D/4903/2023 tentang kesiapsiagaan menghadapi arus mudik dan libur Hari Raya Idulfitri.

“Puskesmas yang berada di jalur utama yang dilalui masyarakat tetap melakukan pelayanan kesehatan mulai 19 sampai 25 April,” kata Kepala Dinkes Paser, dr. I Dewa Made Sudarsana, Selasa (18/4).

Dinkes Paser, lanjut Dewa, juga menginstruksikan kepada puskesmas rawat jalan antara lain Puskesmas Tanah Grogot, Senaken, Padang Pangrapat, Pasir Belengkong, Suatang Baru, dan Kerang), agar membagi pelaksanaan pelayanan menjadi dua sif pagi dan sore.

“Untuk sif terdiri dari 1 orang dokter, 1 orang perawat, 1 orang bidan, dan 1 orang supir,” ucap Dewa.

Untuk puskesmas rawat inap tetap melakukan pelayanan kesehatan dengan tim seperti biasa. Dewa meminta puskesmas yang disiapsiagakan dalam pelayanan kesehatan ini hendaknya dapat berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan dinas Perhubungan.

“Agar juga disiapkan pos pelayanan terpadu pada lokasi padat wisata dan rawan kecelakaan,” imbuhnya.

Pembiayaan pelaksanaan pelayanan kesehatan dalam kurun waktu ini akan dibebankan pada APBD Kabupaten Paser 2023, sesuai dengan surat keputusan Bupati Paser, tentang pembiayaan juga lembur di Puskesmas pada hari raya Idulfitri yang akan dibayarkan full 24 jam.

“Kami minta Puskesmas yang melakukan pelayanan selama mudik lebaran ini dapat melaporkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada mudik dan libur hari raya Idulfitri melalui http://link.kemenkes.go.id/mudikidulfitri2023,” tutup Dewa.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *