Korban Banjir di Paser Telah dievakuasi, Pemkab Paser Buatkan Dapur Umum

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser telah mengevakuasi warga terdampak banjir di sejumlah kecamatan yang terjadi dalam sepekan terakhir.

“Langkah pertama kami adalah melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir yang level airnya sudah tinggi,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli usai rapat penangangan banjir dengan para kepala perangkat daerah, Kamis (07/10/2021).

Selain mengevakuasi warga terdampak banjir, kata Bupati Fahmi, Pemkab Paser dalam waktu dekat akan memberikan bantuan logistik kepada warga yang telah diungsikan ke tempat evakuasi.

“Kami segera menurunkan bantuan logistik dan akan memberikannya dengan humanis kepada masyarakat terdampak banjir, dan juga sudah dibangun dapur umum,” imbuh Bupati.

Dikemukakan Bupati Fahmi ada 4 kecamatan yang terdampak banjir dalam sepekan terakhir. Di antara empat kecamatan tersebut, banji di Kecamatan Long Kali yang perlu perhatian serius.

Terkait musibah banjir ini, Bupati Fahmi berpesan kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk mengesampingkan perihal administrasi karena hal tersebut dapat memperlambat proses evakuasi.

“Kami sampaikan, hilangkan dulu hal yang menghambat bantuan terkait administrasi. Ini bencana. Jangan sampai menghambat untuk membantu korban bencana,” ujarnya.

Adapun untuk warga di Kecamatan Long Kali, kata Bupati, saat ini telah dievakuasi ke gedung serbaguna serta tenda-tenda yang dibuat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Bencana banjir ini merupakan banjir terbesar yang pernah terjadi sejak 2017 lalu. Bupati meminta seluruh perangkat daerah untuk mengantisipasi agar bencana ini tidak terjadi di kemudian hari.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Paser Masriyah yang dikonfirmasi mengatakan timnya sejak Selasa  malam  (5/10/2021) sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Tim BPBD sudah di lokasi untuk melakukan  evakuasi, dan menyiapkan dapur umum bagi korban banjir,” katanya. Ia juga melaporkan Tim Reaksi cepat dari BPBD Provinsi Kaltim juga sudah berada di lokasi untuk membantu proses evakuasi.

Dari sejumlah wilayah terdampak banjir, ada beberapa wilayah yang terdampak banjir cukup tinggi yakni di Muara Pias dan Kepala Telake. Untuk kecamatan lain masih bisa ditangani tim BPBD.

Ia memastikan warga telah dievakuasi ke gedung serbaguna, dan beberapa diantaranya mengungsi ke rumah keluarga mereka. Jaringan listrik yang sempat padam di Long Kali karena genangan air dengan cepat telah diatasi.

“Proses evakuasi kami kolaborasikan juga dengan relawan tanggap bencana seperti di Kecamatan Long Kali, Batu Sopang dan Muara Komam. Mereka bekerja tanpa diminta, langsung datang,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada petugas dan relawan untuk tetap memerhatikan keselamatan diri saat evakuasi. “Karena kita punya SOP, dan itu harus dilaksanakan,” ucapnya.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *