Sekda Paser Sebut Nilai-Nilai Pancasila Dibutuhkan Saat Penanganan Pandemi

TANA PASER, MCKabPaser – Sekretaris daerah Kabupaten Paser  Katsul Wijaya mengharapkan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Paser memaknai dan menerapkan  nilai nilai dari pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik di masyarakat maupun di pemerintahan daerah.

Hal itu disampaikan Sekda usai mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Pendopo Kabupaten, Jumat (1/10/2021)

“Kita harus memahami secara utuh agar keberadaan Pancasila terutama nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Bagi anak muda atau generasi muda peringatan Hari Kesaktian dijadikan pelajaran terkait peristiwa atau sejarah yang terjadi pada 30 sepetember 1965.

“Generasi muda harus tahu peristiwa tentang apa yang dialami mereka para pahlawan revolusi  saat kejadian 30 September 1965 yang mengancam eksistensi negara kita,” kata Katsul.

Karena itu, lanjut Katsul, bagi para generasi muda, sejarah kelam itu bisa dijadikan motivasi dan tekad bagaimana mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Katsul, di masa pendemi Covid-19 ini, penerapan nilai-nilai pancasila sangat penting untuk menumbuhkan sikap kebersamaan antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam menangani atau menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten Paser.

“Butuh sikap kebersamaan antara pemda dengan masyarakat untuk penanganan penyebaran covid-19” tegas Katsul.

Upacara peringatan Hari kesaktian Pancasila di Pendopo Kabupaten yang dilakukan secara virtual itu diikuti Seketaris Daerah Katsul Wijaya, Kapolres Paser AKBP Eko Susanto, Dandim 0904/tng Letkol Inf Ronald Wahyudi, Kepala Kejari Paser Judhy Ismono SH, MH, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Asisten Administrasi Umum Murhariyanto Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Paser Ina Rosana.

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *