Lima Lokasi Banjir di Long Kali, BMKG Minta Waspada

TANA PASER, MCKabPaser – Hujan deras di akhir pekan lalu telah mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi di Wilayah Kabupaten Paser. Laporan terbaru, banjir terjadi di Wilayah Kecamatan Long Kali.

Camat Long Kali Rizky Noviar yang dikonfirmasi  Rabu (6/10/2021) mengatakan enam lokasi  banjir ada Desa Muara Toyu, Munggu,  Piyas, Bente Tualan , dan Kelurahan Long Kali.

“Hari ini, wilayah kelurahan long Kali kondisi air sudah menaik, “ kata Rizky.  Meski  air  tidak menggenangi seluruh wilayah, hanya dititik-titik tertentu, namun hal ini sangat menyulitkan petugas untuk mengirim bantuan logistik.

“Titik-titik lokasi genangan air banyak terjadi di jalan-jalan utama, kami kesulitan melewati genangan air yang tingginya hampir separuh badan kendaraan,” kata Rizki.

Saat ini pihak kecamatan sedang mengirim bantuan ke sejumlah pos logistik. Untuk pengiriman logistik ke desa Toyu, Munggu dan Piyas, jelas Rizky, petugas kesulitan menuju ke lokasi karena akses menuju ke sana tergenang air.

Sementara Plt Kepala Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Paser Masriyah yang dikonfirmasi mengatakan tim nya sejak Selasa  malam  (5/10/2021) sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Tim BPBD sudah di lokasi untuk melakukan  evakuasi, dan menyiapkan dapur umum bagi korban banjir,” katanya.

Masriyah juga melaporkan Tim Reaksi cepat dari BPBD Provinsi Kaltim juga sudah berada di lokasi untuk membantu proses evakuasi.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan Mulyono Leonardo mengatakan musim hujan di Kabupaten Paser memang terjadi lebih awal.

Dari prakiraan cuaca  BMKG Balikpapan, kata Mulyono, curah hujan di Kabupaten untuk bulan Oktober ini rata-rata mencapai 100-200 mm, masuk kategori curah hujan menengah. 

“Hasil Prakiraan cuaca 100-200 mm di Bulan Oktober, sifat hujannya  di Paser masih  normal, “ katanya.

Namun demikian, Ia mengingatkan agar tetap waspada terutama daerah-daerah yang memiliki histori banjir pada tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *