199 Pasangan di Tanjung Harapan Dapat Itsbat Nikah Gratis

TANA PASER, MCKabPaser – Sebanyak 199 pasangan di Kecamatan Tanjung Harapan yang pernikahannya belum tercatat sah oleh negara, diberikan fasilitas Itsbat nikah gratis oleh Pemkab Paser.

Program yang diselenggarakan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Paser itu didukung penuh Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dari awal perencanaan sampai pelaksanaannya.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli yang hadir langsung ke Desa Tanjung Aru bersama seluruh jajaran kepala perangkat daerah dan camatnya, menyampaikan selamat kepada seluruh pasangan yang mengikuti ini. Dia mendoakan semoga dengan status legal pernikahan ini, bisa meningkatkan keharmonisan dan semangat baru.

“Ini adalah inovasi baru pemerintah daerah bekerja sama dengan PKK, Disdukcapil, Pengadilan Agama, dan Kementerian Agama Paser,” kata Fahmi, Rabu (6/9/2023).

Program ini bernama fasilitasi pelayanan terpadu sidang isbat nikah (Silantih) dan peran aktif tim penyelenggaraan pemberdayaan  kesejahteraan keluarga dalam mendukung penyelenggaraan pelayanan terpadu Isbat Nikah (Pers Masak Patin).

Dengan adanya status hukum pernikahan yang sah, ini akan menghilangkan stigma negatif dari masyarakat. Selain itu dokumen perwakinan dan lainnya akan terjamin, termasuk hak anak-anak mereka kelak untuk urusa ahli waris.

Fahmi berterimakasih kepada para instansi yang sudah beberapa hari sebelumnya menginap di Tanjung Aru, mempersiapkan proses itsbat, verifikasi , dan dokumen untuk pasangan nikah.

Total ada 7 desa di Kecamatan Tanjung Harapan yang warganya mendapatkan pelayanan Itsbat nikah gratis ini.

Salah satu pasangan itsbat merasa bersyukur dengan adanya program ini.Asriadi dan Virdawati bisa melangsungkan pernikahan dan memiliki legalitas yang sah. Pasangan ini sudah memiliki satu anak.

“Alhamdulillah diperlancar semua prosesnya oleh pemerintah dan gratis,” kata warga asal Lori itu. Banyak pasangan lainnya yang mengikuti program ini sudah berstatus memiliki anak bahkan cucu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *