61 Peserta Ikuti Diklat Intelijen FKDM

Tana Paser, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser menggelar Diklat Intelijen Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Ruang Rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Senin (9/10/2023).

Sebanyak 61 peserta mengikuti diklat ini yang terdiri dari pengurus FKDM Kabupaten 11 orang, pengurus FKDM pada 10 Kecamatan masing – masing 4 orang, dan Kasi Trantibum Kecamatan masing – masing 1 orang.

Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Kasi trantib kecamatan dalam melaksanakan deteksi dini dan cegah dini potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) keamanan.

Hadir dalam kegiatan mewakili Bupati Paser, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser Romif Erwinadi, Kepala Badan Kesbangpol Nonding, Badan Intelijen Negara Daerah Kaltim Rasid, Perwakilan Unsur Forkopimda dan Perwakilan Perangkat Daerah.

Bupati Paser dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser Romif Erwinadi mengatakan dengan diklat ini para peserta dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam penanganan potensi konflik yang terjadi di masyarakat, serta mempunyai kemampuan dalam menganalisa gejala yang dapat muncul sewaktu-waktu serta membentuk intelijen yang terjadi di lapangan.

“Bagaimana cara intelijen mendeteksi secara dini terkait gangguan stabilitas politik termasuk konflik di tengah – tengah masyarakat,” kata Romif.

Lebih lanjut, Romif mengatakan peningkatan kapasitas intelijen ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengantisipasi perkembangan situasi dan kondisi di daerah.

“Karena dengan keamanan dan kedamaian merupakan modal sosial yang penting dalam mewujudkan Paser MAS ( Maju, Adil dan Sejahtera),” tutup Romif.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *