Bangkitkan Kreativitas, Bapedalitbang Paser Gelar Lomba Inovasi Daerah

TANA PASER, MCKabPaser – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bapedlitbang) Kabupaten Paser  membuka pendaftaran lomba inovasi daerah yang akan digelar pada Agustus 2021 mendatang

“Pendaftaran sudah dibuka untuk lomba inovasi daerah. Rencana akan digelar pada tanggal 5 sampai 7 Agustus 2021,” kata Kepala Bapedlitbang Paser Muksin, Senin (26/4/2021).

Lomba inovasi daerah yang akan digelar, kata Muksin, terdiri dari beberapa kategori seperti lomba inovasi Produk Unggulan Daerah (PUD), inovasi perangkat daerah tahap uji coba, dan inovasi perangkat daerah tahap penerapan.

“Apa saja yang dianggap inovasi, bisa diikutsertakan dalam perlombaan,” ujar Muksin.

Dalam rangka menumbuhkan inovasi dalam pembangunan daerah, lanjut Muksin, lomba tahun ini hanya diperuntukkan perangkat daerah di lingkup Pemkab Paser.

“Ini juga upaya untuk mendorong peningkatan ekonomi yang dilakukan dari berbagai aspek oleh perangkat daerah,” tutur Muksin.

Muksin mendorong perangkat daerah mampu meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah daerah, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah.

“Lomba juga dapat merangsang dan mewadahi aksi kreatif dan inovatif masyarakat Kabupaten Paser dalam usaha mempermudah dan mengatasi masalah yang ada di masyarakat,” jelas Muksin.

Dikemukakan dia, perangkat daerah yang berinovasi nantinya mampu mengembangkan kemampuan masyarakat Kabupaten Paser dalam memfasilitasi peningkatan pendapatan masyarakat melalui aksi kreatif dan inovatif dalam mengelola produk/potensi unggulan daerah.

“Juga meningkatkan kepekaan dan kontribusi dalam rangka meningkatkan daya saing daerah menuju Kabupaten Paser MAS Berdaya Saing Global. Dan menginventarisir dan mewadahi masyarakat dalam menyampaikan gagasan-gagasan, aksi kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Selebihnya, dalam inovasi ini juga dalam mendukung Program kominfo yaitu komunikasi dan informasi yang tepat, transparan dan akuntabel , melalui surat elektronik atau email.

“Pengiriman naskah, seleksi administrasi, panggilan presentasi, dan penyampaian hasil penilaian atau penetapan pemenang Lomba Inovasi Daerah ini dilakukan melalui e-mail, tutupnya.

FOTO : Rizky

Pewarta : Rizky, Editor : Hutja

Total Views: 3201 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *