Melalui PISEW, Pemkab Paser Tingkatkan Kualitas Jalan di Lima Desa

TANA PASE, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser pada tahun 2020 lalu telah melakukan peningkatan kualitas jalan di lima desa melalui program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang bersumber dari APBN.

“Lima Desa ini mendapatkan program melalui APBN tahun 2020 dengan nilai 600 juta,” kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Kabupaten Paser, M Fauzi, Sabtu (27/3/2021).

Lima Desa tersebut yakni Desa laburan, Klempang Sari, Desa Brewe, Desa Gunung Putar, dan Desa Muara Payang.

Fauzi mengatakan dengan peningkatan jalan melalui program PISEW akan mendorong perekonomian masing-masing desa.

“Seluruhnya akan ditingkatkan jalannya untuk mendukung masyarakat dalam mengembangkan perekonomian,” ujar Fauzi.

Ia menambahkan, desa yang menerima program ini diantaranya diperuntukkan mengangkut hasil pertanian dan beberapa komunitas lain sehingga terjadi perputaran ekonomi secara berkelanjutan.

Diantaranya untuk meningkatkan mengangkut hasil tani dan lain-lain, mengembangkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan, serta meningkatkan kualitas permukiman perdesaan.

Infrastruktur yang dibangun melalui dana PISEW ialah jalan produksi sebagai infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri, serta sebagai prasarana pendukung pemasaran komoditas.

Dengan adanya jalan ini dapat memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan dan perikanan. Pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh masyarakat desa setempat.

“Saya harap nanti jalan ini bermanfaat bagi masyarakat sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” tutup Fauzi.

Pewarta: Rizky, Edity: Hutja

Total Views: 1290 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *