BKAD Batu Engau Gelar Workshop dan Pelatihan Pengelolaan Layanan Informasi Desa Berbasis Digital

Balikpapan, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Batu Engau menggelar Workshop dan Pelatihan Pengelolaan Layanan Informasi Desa Berbasis Digital bagi Aparatur Pemerintah Desa, Pengurus PPID dan Operator PPID Desa se-Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser Tahun 2023 di Hotel Golden Tulip Balikpapan, pada Kamis (7/8/2023).

Mengambil tema “Melalui Pengelolaan dan Pengembangan Informasi Desa, Kita Tingkatkan Layanan Informasi ke Masyarakat dalam rangka mendukung Desa Cerdas Berbasis Digital Menuju Kabupaten Paser Maju, Adil dan Sejahtera”, kegiatan ini akan digelar hingga hari minggu (10/8/2023).

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya yang mewakili Bupati Paser, dan di hadiri oleh Kepala DKISP Paser Ina Rosana, Camat Batu Engau Tauhid, perwakilan perangkat daerah, para perangkat desa Kecamatan Batu Engau, Pranata Humas Ahli Muda DKISP Paser Dwi Wahyudi, serta Tim Aptika DKISP Paser.

Bupati Paser dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya mengatakan tujuan diselenggarakannya workshop dan pelatihan ini yakni meningkatkan pemahaman aparatur pengelolaan layanan informasi desa berbasis digital dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Lantaran seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, aktivitas kehidupan kita dalam berbagai sektor tengah banyak mengalami perubahan.

“sehingga akan tumbuh kepercayaan masyarakat yang merupakan modal utama dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Paser menuju Paser MAS,” Ucap Katsul.

Sementara, Kepala DKISP Paser Ina Rosana, menuturkan kegiatan ini merupakan momentum berharga untuk meningkatkan layanan informasi ke masyarakat dalam rangka mendukung desa cerdas berbasis digital menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera), yakni dalam meningkatkan pelayanan publik yang efektivitas dan efisien.

“Dalam era digitalisasi ini, akses terhadap pelayanan menjadi semakin mudah, dan hal ini memberi kita peluang untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat,” tutur Ina.

Ina Rosana juga mengatakan bahwa implementasi kebijakan pelayanan publik belum berjalan secara optimal, saat ini masih banyak pemerintah desa yang belum memiliki web desa dan sistem publikasi informasi, tapi itu berjalan secara parsial dan belum terkoordinir dengan baik.

“Kita dapat memanfaatkan pengetahuan yang didapat untuk meningkatkan layanan informasi ke masyarakat di setiap desa,” Ujar Ina Rosana.

Ina juga sangat mengapresiasi kepada Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Batu Engau sebagai Pilot Project pada kegiatan ini dan berharap adanya sinergitas Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dalam mewujudkan Desa Cerdas dan Desa Digital.

“Semoga desa – desa lain dapat mengikuti, karena Desa Cerdas adalah konsep pengembangan dan pengelolaan desa menggunakan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” tutup Ina.

Penulis : Dwi Wahyudi
Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *