BPN Paser Terbitkan 6.900 sertifikat PTSL

Tana Paser – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Paser mencatat hingga pertengahan Oktober telah menerbitkan 6.900 sertifikat program pendaftaran tanah sertifikat lengkap (PTSL) bagi masyarakat setempat.

“Sampai saat ini ada 6.900 sertifikat yang sudah diterbitkan,” kata Kepala BPN Paser, Zubaidi, Senin (17/10).

BPN Paser, lanjutnya, menargetkan hingga akhir tahun ini menerbitkan 9.340 sertifikat.

“Kami targetkan November ini bisa terealisasi,” ucapnya.

Dikemukakan Zubaidi, agar target tersebut terealisasi BPN Paser akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk mengidentifikasi masyarakat yang belum memiliki sertifikat.

“Kami belum ketemu pak bupati dan Bu Wabup untuk koordinasi agar bersinergi dengan Pemda,” ungkapnya.

Lanjut Zubaidi BPN Paser juga aktif membagikan sertifikat milik masyarakat sampai ke tingkat desa. Hal itu dilakukan guna mempercepat kepemilikan sertifikat masyarakat.

Zubaidi menambahkan BPN Paser sebelumnya telah membuka layanan pada Sabtu dan Minggu guna meningkatkan kepemilikan sertifikat masyarakat.

Ia menyayangkan program tersebut kurang mendapat antusiasme masyarakat sehingga akan mempertimbangkan untuk melanjutkan layanan di akhir pekan itu.

Berdasarkan catatan BPN Paser pada Juni lalu, ada 4.230 sertifikat tanah PTSL yang belum diambil masyarakat. Sertifikat tersebut yang diproses sejak 2017 hingga 2022.

“Namun sekarang sudah mau berkurang, sudah mulai ada yang mengambil,” kata Zubaidi.

Disamping mengurus penerbitan PTSL, BPN Paser juga mengusulkan pelepasan lahan seluas 500 hektar berstatus Hak Penggunaan Lahan (HPL) transmigrasi 02 di empat desa di wilayah Kecamatan Tanah Grogot.

“Saat ini sedang diurus pemerintah pusat,” tutupnya.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *