SMPN 2 Tanah Grogot Gelar Pencanangan SSK Smart untuk Generasi Muda Berkualitas

Pontianak, MCKabPaser – SMPN 2 Tanah Grogot mengadakan kegiatan Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Smart pada Senin (05/02/2024). Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi muda tentang kependudukan, menekan angka pernikahan dini, dan mencegah kekerasan di usia sekolah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Paser Amir Faisol, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M. Yunus Syam.

Kepala SMPN 2 Tanah Grogot, Yuli Warto, S.Pd., menjelaskan bahwa SSK merupakan program dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Paser.

“Implementasi SSK di sekolah dilakukan dengan mengintegrasikan materi kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga ke dalam beberapa mata pelajaran,” Ujar Yuli.

Yuli Warto juga berpesan kepada para siswa-siswinya untuk mengindari tindakan kekerasan baik berupa verbal maupun nonverbal. “Jika melihat, mendengar kekerasan verbal maupun nonverbal laporkan agar cepat kami tangani,” pesannya.

Sementara Kepala DP2KBP3A Amir Faisol menyampaikan tentang pernikahan dini, pencegahan pergaulan bebas, bahaya narkoba dan rokok. Ia berharap para peserta didik dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas, memiliki sikap dan perilaku baik, serta pemahaman yang mendalam mengenai kependudukan.

Kegiatan ini ditutup dengan Penandatanganan Deklarasi Tindak Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK).

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *